BOPM Wacana

Sepeda Kampus Akan Ditambah

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Amanda Hidayat

Rektor USU Prof Syahril Pasaribu (paling kanan) dan Presiden Mahasiswa Brilian Amial Rasyid (paling kiri) saat melihat-lihat sepeda kampus, Jumat (6/2) di halaman gedung Biro Rektorat setelah acara penandatangan serah terima sepeda kampus. Sepeda kampus akan ditambah seratus unit lagi. | Amanda Hidayat
Rektor USU Prof Syahril Pasaribu (paling kanan) dan Presiden Mahasiswa 2014-2015 Brilian Amial Rasyid (paling kiri) saat melihat-lihat sepeda kampus, Jumat (6/2) di halaman gedung Biro Rektorat setelah acara penandatangan serah terima sepeda kampus. Sepeda kampus akan ditambah seratus unit lagi. | Amanda Hidayat

USU, wacana.org/arsip — Wakil Rektor IV Prof Ningrum Natasya Sirait berencana akan tambah sepeda kampus yang masih berjumlah seratus unit. Sepeda kampus akan ditambah apabila diminati mahasiswa dan penyelenggaraannya berhasil. Hal ini disampaikan Prof Ningrum saat acara penandatanganan serah terima sepeda kampus di Ruang Tim Pemikir USU, Jumat (6/2).

Prof Ningrum jelaskan, jumlah pemakaian dan kondisi sepeda kampus merupakan indikator keberhasilan program sepeda kampus. Apabila dalam tiga bulan peminat sepeda kampus tinggi dan kondisinya terawat, maka akan ada penambahan seratus unit lagi. “Sudah ada sponsor yang menghubungi saya untuk menambah jumlahnya,” kata Prof Ningrum.

Menanggapi hal ini, Staf Ahli Perencanaan USU Devin Defriza Harisdani sepakat. Ia bilang banyak sponsor yang bersedia akan bantu pengoperasian sepeda kampus, seperti penambahan halte dan pompa sepeda. “Tapi kalau saat beroperasi nanti semuanya berjalan dengan baik,” tuturnya.

Harold Expedient Josua, Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat 2014 yakin kalau sepeda kampus banyak peminatnya. Ia bilang meski bus kampus sudah ada, sepeda kampus tetap akan digunakan mahasiswa. “Sepeda bisa untuk mereka yang ingin berolahraga atau bosan menunggu bus kampus yang datangnya lama,” ujarnya.

Hal ini juga diamini Prof Ningrum, ia optimis sepeda kampus akan diminati mahasiswa. Sebab saat launching Desember lalu banyak mahasiswa yang antusias sambut program sepeda kampus.

Sampai saat ini USU sudah sediakan delapan buah pompa sepeda yang akan diletakkan di setiap halte. Devin tambahkan, kini pihaknya sedang kerjakan sistem katalog untuk peminjaman sepeda kampus yang rencananya akan dibuat secara online.

 

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).