BOPM Wacana

Prof Runtung: Penelitian Mahasiswa Harus Tembus SCOPUS

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Amelia Ramadhani

UKM Laboratorium Beton USU turut meramaikan acara PIKM yang dilaksanakan sejak tanggal 18 Oktober 2016 di Pendopo USU, Rabu (19/10).|Maria Patricia Sidabutar
UKM Laboratorium Beton USU turut meramaikan acara PIKM yang dilaksanakan sejak tanggal 18 Oktober 2016 di Pendopo USU, Rabu (19/10).|Maria Patricia Sidabutar

BOPM WACANA – Rektor USU Prof Runtung Sitepu berharap penelitian ilmiah mahasiswa bisa diterbitkan di jurnal internasional yang terindeks Scopus yang merupakan pusat data terbesar di dunia. Sebab sejauh ini penelitian yang dipublikasikan di jurnal internasional hanya hasil karya dosen dan guru besar di USU. Hal ini disampaikannya pada pembukaan Pameran Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa USU di Pendopo USU Selasa (18/10).

Prof Runtung mengatakan minat meneliti mahasiswa haruslah dibangun sejak sekarang. Sehingga jumlah penelitian di USU bisa meningkat secara kuantitas dan kualitasnya.

Selain itu, pentingnya penelitian ini salah satunya guna untuk meningkatkan akreditasi USU. “Kita akan usahakan hasil penelitian mahasiswa ini terbit di jurnal internasional,” tambahnya.

Ayu Haryani Putri Sartika delegasi dari PIMNAS 29 USU berharap adanya bimbingan khusus untuk mendaftarkan karya ilmiah mereka ke jurnal internasional. Menurutnya tidak semua mahasiswa tahu tata cara mendaftarkan karya ilmiah untuk publikasi, baik di jurnal ilmiah nasional maupun internasional. “Kerja sama antara peneliti dan dosen pembimbing sangat dibutuhkan,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).