BOPM Wacana

Polmed Bakal Pindah Lokasi

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Lazuardi Pratama

Gedung Direktorat Polmed di Jl Almamater No 1, Kamis (5/6). | Wenty Tambunan
Gedung Direktorat Polmed di Jl Almamater No 1, Kamis (5/6). | Wenty Tambunan

BOPM WACANA — Politeknik Negeri Medan (Polmed) bakal pindah lokasi. Kepindahan ini disebabkan lahan 8.5 hektare yang dimiliki sekarang tak mampu lagi menampung perkembangan fasilitas. Hal ini dikatakan Pembantu Direktur IV Polmed Cipta Dharma, Kamis (12/6).

Cipta mengatakan, beberapa program studi (prodi) banyak yang berkembang lewat munculnya prodi baru. Selain itu, fasilitas akademik seperti laboratorium sedang sangat dibutuhkan. Namun tidak ada lahan kosong untuk pembangunan gedung. Menurutnya, hal tersebut bisa diselesaikan dengan merenovasi gedung lama dengan fasilitas lama jadi gedung baru dengan fasilitas yang mampu menampung kebutuhan. “Tapi seberapa jauhlah (maksimal—red) kita buat itu,” ujarnya.

Oleh sebab itu, saat ini Cipta mengatakan pihaknya sedang mencari lokasi yang tepat dengan mempertimbangkan lokasi yang strategis dan cocok untuk praktik mahasiswa. Sampai saat ini ada beberapa lokasi di daerah Tanjung Morawa hingga Lubuk Pakam yang dinilai pas. “Kita berharapnya eks perkebunan agar mudah dijadikan praktik mahasiswa,” tandas Cipta.

Ahmad Habibi Indraja Lubis, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Polmed mengatakan pihaknya menaruh ekspektasi besar pada pemindahan ini. Namun ia meminta pihak direktorat agar hal tersebut terealisasi secepatnya, tidak hanya berupa wacana saja. “Selama ini di mahasiswa, itu hanya isu yang digembor-gemborkan direktur,” tambahnya. “Tapi tidak ada pernyataan tertulis.”

Cipta melanjutkan, untuk tahun ini pihaknya telah mengajukan anggaran ke pihak Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan hingga kini sedang dibahas di DPR-RI. Ia menargetkan, tahun 2015 Polmed sudah memiliki lahan untuk mulai dibangun gedung-gedung. Pemindahan tersebut nantinya akan dilakukan secara bertahap sehingga sampai semuanya selesai pindah, Polmed memiliki dua kampus.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).