BOPM Wacana

PMB FISIP Sehari, Mahasiswa Tak Setuju

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Apriani Novitasari

BOPM WACANA |­­ Ghina Mardhiyah, mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP 2011mengaku tidak setuju jika PMB dilakukan hanya sehari. “Enggak adil aja gitu, kampus lain kan minimal 3 hari,” komentarnya. Sebenarnya, ia mengaku bahwa bisa saja diadakan sehari, namun menurutnya hal tersebut tentu menghapus tradisi PMB yang minimal tiga hari. “Bukan apa-apa, tiga hari PMB aja belum sempurna memperkenalkan tentang kampus, belum lagi PMB tahun ini dimulai dari jam 8 pagi,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Muchlis, mahasiswa Kesejahteraan Sosial FISIP 2010, ketiadaan kepanitian PMB tahun ini merupakan satu langkah mundur bagi FISIP pada umumnya, “Karena hal tersebut merupakan image bagi fakultas sendiri,” tambahnya. Ia berpendapat, PMB adalah sebuah gerbang awal untuk mahasiswa baru bersentuhan dengan panitia serta tempat untuk menerapkan nilai-nilai luhur yang ada di kampus.

Muchlis mengatakan mahasiswa FISIP selalu diajarkan tentang nilai-nilai kemahasiswaan, kerakyatan, dan tanggung jawab sebagai mahasiswa, “Namun wadah itu tidak ada untuk tahun ini,” ujarnya. Ia juga mengaku tidak setuju bahwa PMB hanya diadakan sehari, karena menurutnya dalam waktu tiga hari PMB yang biasa dilakukan, ada target yang ingin dicapai, salah satunya adalah penanaman nilai-nilai kemanusiaan. Dan hal tersebut tak cukup bila hanya satu hari.

Menanggapi hal tersebut Pembantu Dekan (PD) III FISIP, Edward mengatakan tidak adanya pema adalah alasan utama PMB hanya dibuat sehari. Diawali dengan pembukaan oleh Dekanat, kemudian diserahkan ke departemen dan Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD). Menurutnya hal itu sudah cukup. “Dekanat membuka dengan pengenalan global dan umum, departemen dengan kurikulumnya dan HMD dengan strukturnya,” katanya.

Edward juga mengatakan penting untuk meluruskan arti dari PMB itu sendiri. Sebenarnya fakultaslah yang mempunyai wewenang atas mahasiswa baru (maba) karena yang mempunyai maba adalah fakultas.“Cuma karena menyambut keluarga baru, maka dibagi ke civitasakademika untuk membentuk karakter mahasiswa dan sistem di universitas,” tambahnya. PMB FISIP akan dilaksanakan pada kamis (29/8) dimulai pada pukul 08.00 dan rencananya selesai sesudah waktu sholat zuhur.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).