BOPM Wacana

Pesawat Hercules C-130 Jatuh di Jamin Ginting

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Shella Rafiqah Ully

Tim gabungan yang terdiri atas TNI AU, POLRI, dan Tim SAR mengevakuasi jenazah pesawat yang jatuh di Jalan Jamin Ginting Km 10 pukul 12.30 WIB dengan tipe pesawat C-130 Nomor A 1310, Selasa (30/6). Hingga pukul 18.42 WIB  sejumlah 57 jenazah berhasil dievakuasi ke RS H Adam Malik. | Wenty Tambunan
Tim gabungan yang terdiri atas TNI AU, POLRI, dan Tim SAR mengevakuasi jenazah pesawat yang jatuh di Jalan Jamin Ginting Km 10 pukul 11.30 WIB dengan tipe pesawat C-130 Nomor A 1310, Selasa (30/6). Hingga pukul 18.42 WIB sejumlah 57 jenazah berhasil dievakuasi ke RS H Adam Malik. | Wenty Tambunan

BOPM WACANA — Pesawat Hercules C-130 milk Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara jatuh di Jalan Jamin Ginting Kilometer Sepuluh sekitar pukul 11.30 siang tadi. Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Sumatera Utara Inspektur Jenderal  Eko Hadi Sutedjo mengatakan pesawat Hercules C-130 ini baru tiba dari Pekanbaru setelah mendarat di Polonia dan akan kembali terbang menuju Tanjung Pinang dalam rangka penugasan, Selasa (30/6).

Kapolda Eko mengatakan hingga saat ini pihaknya tengah fokus pada tahap evakuasi korban. “Kita kumpulkan korban dulu,” ujarnya. Hingga pukul 15.00 sore tadi Eko katakan korban yang berhasil dievakuasi masih berjumlah 21 penumpang. “Dalam manifes sementara jumlahnya segitu, tapi pastinya ada kemungkinan bertambah,” ujarnya.

Ia tambahkan total penumpang seluruhnya berjumlah lima puluh orang, namun belum tahu apakah di dalamnya juga terdapat penumpang sipil. “Tapi ini resmi penerbangan militer,” terangnya.

Sumirah Boru Sembiring, warga yang tinggal di dekat lokasi kejadian benarkan jatuhnya pesawat sekitar pukul setengah 12 siang tadi. “Saya dengar suara pesawat dekat kali dari atap rumah terus dengar bunyi ledakan besar,” ujarnya. Saat ia keluar rumah ternyata dua ruko dan BS Okup di depan warung tempatnya berjualan sudah terbakar tertimpa jatuhnya pesawat Hercules C-130.

Berdasarkan pantauan SUARA USU hingga pukul 18.40 sore ini 57 jenazah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Pusat H Adam Malik.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).