BOPM Wacana

Peringati Hari Bumi, Parintal Adakan Goes To Mangrove

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Adinda Zahra Noviyanti

BOPM WACANA – Putera-Puteri Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup (Parintal) Fakultas Pertanian USU mengadakan acara Goes To Mangrove di Desa Tanjung Ibus Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat pada 29 -30 April.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati hari Bumi Sedunia pada 22 April lalu. “Kita—Parintal—buat seminggu setelah peringatan hari bumi,” kata Sekretaris Panitia Intan Suryani Hutagalung, Minggu (30/4).

Intan menjelaskan tujuan diadakannya acara ini yakni untuk mencegah semakin rusaknya ekosistem hutan bakau, menciptakan keberagaman jenis bakau. Lestarinya mangrove akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar seperti semakin membaiknya ekosistem ikan di dalam air.

Selain itu juga untuk membangun budaya konservasi kepada generasi muda serta membangun kesadaran masyarakat tentang perannya dalam menjaga kelesatarian alam.

Intan mengatakan sasaran acara ini adalah masyarakat Desa Tanjung Ibus, mahasiswa pecinta alam se-USU, Pemerintahan Kabupaten Langkat, pihak swasta, maupun masyarakat umum.

Kegiatan diadakan selama dua hari dalam beberapa bentuk kegiatan seperti penyuluhan mengenai mangrove, aksi bersih lingkungan, dan penanaman pohon bakau.

Toni Gopinda Nduru, Bendahara Umum Generasi Mhasiswa Pecinta Alam dan Studi Lingkungan Hidup Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam mengapresiasi kegiatan Parintal Goes To Mangrove. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan salah satu tugas perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini juga akan belajar pentingnya kepedulian terhadap alam. “Kalau alam tidak dilestarikan dari sekarang bagaimana anak cucu kedepannya?” ujarnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).