BOPM Wacana

Peringati Dies Natalis ke-65, USU Adakan Seminar Ilmiah Nasional

Dark Mode | Moda Gelap
Salah satu peserta Seminar Ilmiah Nasional kategori Science and Technology mempresentasikan hasil penelitiannya, Selasa (3/10) di Biro Rektor USU. | Suratman

Oleh: Suratman

BOPM WACANA – Seminar Ilmiah Nasional kembali diadakan sebagai salah satu rangkaian acara Dies Natalis USU ke-65, yang berlangsung pada 2-3 Oktober 2017.

“Seminar ini merupakan salah satu kesempatan dan media untuk memperlihatkan hasil penelitian civitas academica USU kepada publik,” ujar Ketua Panitia Seminar Ilmiah Nasional Edy Ikhsan, Selasa (3/10).

Edy menyebutkan, peserta terdiri dari mahasiswa dan dosen USU, serta masyarakat umum seperti pegawai keuangan dan pegawai dari balai kehutanan. Peserta dari USU berjumlah 82 orang dan dari umum 21 orang.

Edy mengatakan peserta dapat memilih tema penelitian sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Sebab tema penelitian dibagi mejadi tiga kategori umum. Di antaranya Health and Medicine (HM), Science Teknologi (ST), serta Social Science, Humanity, Economy (SHE).

Dari 157 total judul jurnal yang masuk, hanya 103 judul yang lulus seleksi dengan rincian HM berjumlah 21 judul, ST 45 judul, dan SHE sebanyak 37 judul. Jurnal yang lulus berasal dari tiga provinsi, di antaranya satu judul dari Kalimantan Timur, dua dari Aceh, dan seratus dari Sumatera Utara.

Sherry Hadiyani, Dosen Psikologi USU yang menjadi peserta bidang SHE, mengungkapkan Seminar Ilmiah ini merupakan wadah yang benar-benar bermanfaat. Terlebih lagi ia sebagai seorang dosen selain mengajar dituntut untuk melakukan penelitian.

“Sebenarnya dengan adanya seminar ini, kita diberi kesempatan untuk memublikasi penelitian kita. Jadi kita dituntut untuk menulis dan melakukan penelitian,” tukasnya.

Edy menambahkan, setiap tahun Seminar Ilmiah Nasional selalu menjadi agenda penting pada Dies Natalis USU, untuk melihat antusias mahasiswa dan dosen terhadap penelitian. Diharapkan dengan seminar ini banyak tumbuh peneliti muda yang membuat inovasi baru.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).