BOPM Wacana

Pemira, KPU FP Targetkan 75 Persen Pemilih

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Rati Handayani

Teras Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Fakultas Pertanian (FP), Rabu (10/6). Tahun ini ada dua kelompok aspirasi mahasiswa (KAM) yang mendaftar pada pemilihan umum raya di FP, yakni KAM Rabbani dan KAM Perubahan. | Vanisof Kristin Manalu
Teras Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Fakultas Pertanian (FP), Rabu (10/6). Tahun ini ada dua kelompok aspirasi mahasiswa (KAM) yang mendaftar pada pemilihan umum raya di FP, yakni KAM Rabbani dan KAM Perubahan. | Vanisof Kristin Manalu

BOPM WACANA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Pertanian (FP) targetkan jumlah pemilih dalam Pemilihan Umum Raya (Pemira) FP besok mencapai 75 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yaitu sebanyak 3.618. Hal ini disampaikan Ketua KPU FP Rasi Kasim Samosir, sore tadi, (15/6).

Kata Rasi, target ini dibuat sebab jumlah pemilih dalam Pemira FP dua tahun terakhir sekitar 75 persen dari DPT, DPT saat ini jumlahnya hampir sama dengan DPT sebelumnya. “Belajar dari dua pemira terakhir,” katanya. Selain itu, ia bilang, mahasiswa FP 2011 yang berjumlah sekitar satu per tujuh DPT, atau kurang lebih lima ratus orang sedang melakukan penelitian untuk skripsi dan sedang tidak kuliah.

Rasi jelaskan, berdasarkan jumlah DPT yang ia peroleh dari dekanat, masih ada nama alumni baru FP yang telah wisuda Mei lalu dan terdaftar sebagai mahasiswa. “Jumlah kasarnya kurang lebih lima puluh orang,” jelasnya. Selain itu, ada sebagian mahasiswa angkatan 2010 yang tak aktif berkuliah.

Selain pertimbangan di atas, Rasi menjelaskan target 75 persen telah diimbangi dengan publikasi pemira oleh KPU. Spanduk publikasi Pemira FP ditambah dari dua menjadi empat. Selain itu, debat kandidat calon gubernur Jumat, 12 Juni kemarin juga dihadiri sektar 250 mahasiswa.

Renzia Fatwa Alsas, Mahasiswa Agroekoteknologi 2012 katakan target KPU sebanding dengan usaha publikasi mereka. Ia sendiri tahu info pemira dari berbagai media publikasi. Mulai dari media sosial seperti pesan di blackberry messanger maupun info di fanpage resmi KPU FP hingga spanduk dan selebaran. Pun, ia dapat sosialisasi langsung dari komisioner KPU, teman satu angkatannya.

Walau demikian, Renzi berpendapat harusnya KPU bisa targetkan jumlah pemilih 85 persen dari DPT, mengingat banyaknya mahasiswa FP. “Mahasiswa 2011 yang meneliti harusnya juga menyisakan waktunya untuk pemira yang hanya momen sekali setahun ini. Kan ada juga yang menelitinya di Medan,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).