BOPM Wacana

Pemira FK Tak Capai Target Pemilih

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Yulien Lovenny Ester G

Dua mahasiswa memilih di bilik suara pada Pemira FK, Senin (24/11) di FK. | Yulien Lovenny Ester G
Dua mahasiswa memilih di bilik suara pada Pemira FK, Senin (24/11) di FK. | Yulien Lovenny Ester G

USU, wacana.org/arsip — Pemilihan Umum Raya (Pemira) Fakultas Kedokteran (FK) tak capai target kenaikan jumlah pemilih sebesar lima puluh persen dari tahun sebelumnya. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) tahun ini yakni 1.623 dengan pemilih hanya 779. Sedangkan jumlah DPT tahun lalu sekitar 2000-an dan pemilihnya 900-an. Hal ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) FK Mohammad Naufal, Senin (24/11).

Ini disebabkan sedikitnya mahasiswa 2011 yang ikut serta dalam pemira. Ia bilang mahasiswa 2011 banyak yang sedang mengerjakan karya tulis ilmiah (KTI) di lokasi penelitiannya. “Dari absensi 2012, 2013, 2014 itu banyak sedangkan 2011 tak sampai satu angkatan,” ujar.

Naufal pun akui faktor lainnya diakibatkan kurang maksimalnya publikasi KPU selama ini. Ia menyesalkan kendala publikasi belum dapat diselesaikan pihaknya. “Tahun lalu, kendalanya ini juga,” katanya.

Naufal menambahkan KPU sengaja dibentuk di September untuk memaksimalkan publikasi, tetapi itu juga belum optimal. “Kalau cepat pun dibentuk tapi persiapannya kurang, itu sama aja,” ujarnya. Naufal berharap KPU selanjutnya dapat bekerja sama dan memaksimalkan publikasi. “Kalau bisa KPU tahun depan sama kayak KPU tahun ini jadi kendala-kendala bisa diselesaikan,” tutupnya.

Menanggapi hal ini, Tryyudia Ramadhany Halsen mahasiswa FK 2011 sepakat. Menurutnya KPU tak capai target memang karena jumlah mahasiswa berkurang sebab mahasiswa stambuk 2011 sedang mengerjakan KTI. “Iya, 2011 udah sibuk dengan urusannya sendiri, aku aja tadi enggak milih,” ujarnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).