BOPM Wacana

Pema USU Resmikan Gerakan USU Mengajar

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Shella Rafiqah Ully

Zul Anwar rambe
Zul Anwar Rambe, Menteri Komunikasi dan Informasi menerangkan Gerakan USU Mengajar, Senin (4/5) di sekretariat Pema USU. Gerakan USU Mengajar merupakan program kerja Kementerian Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan (Kemendiklitbang) Pema USU. | Yulien Lovenny Ester Gultom

BOPM WACANA — Bersamaan dengan diperingatinya Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Pemerintahan Mahasiswa (Pema) USU resmikan Gerakan USU Mengajar di Sekolah Dasar (SD) Negeri 068009 Kampung Nelayan, Kecamatan Medan Belawan, Sabtu, 2 Mei lalu. Kegiatan yang merupakan Program Kerja Kementerian Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan (Kemendiklitbang) Pema USU ini akan berlangsung hingga Juni mendatang. Hal tersebut disampaikan Zul Anwar Rambe, Menteri Komunikasi dan Informasi Pema USU, Senin (4/5).

Ia jelaskan kegiatan ini memfasilitasi mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat agar dapat lihat kondisi pendidikan di wilayah desa. Menurutnya, selama ini orang awam sering berpikir kondisi pendidikan di pedesaan tidak bagus. Sebab itu, dengan melihat langsung lokasi orang tak lagi menyimpulkan sendiri. Zul tambahkan target Gerakan USU Mengajar ini adalah siswa SD. “Harapannya dari SD inilah awal karakter bangsa berubah jadi lebih baik.”

Terkait tenaga pengajar, Zul bilang kemendiklitbang telah seleksi mahasiswa dan terpilih enam tenaga pengajar. Nantinya, Gerakan USU Mengajar ini juga turut dibantu oleh beberapa deputi kemendiklitbang.

Siti Maghfira, Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya 2014 sekaligus tenaga pengajar terpilih sambut baik gerakan ini. Pun, dengan peresmiannya yang bertepatan dengan Hardiknas, ia bilang ini momen yang tepat. “Saat Hardiknas di seluruh pelosok Indonesia membicarakan bagaimana potret pendidikan Indonesia saat ini.”

Fira menambahkan dengan Gerakan USU Mengajar yang langsung turun ke lapangan mahasiswa dapat menjalankan perannya membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. “Anak-anak itu harus dapat pendidikan yang sama seperti di kota,” ungkapnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).