BOPM Wacana

Peduli Lingkungan, Teknik Industri Adakan Product Design Competition

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Yulia Pransiska

BOPM WACANA – Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik (FT), menyelenggarakan Product Design Competition (PDC) 2017 dengan tema Green Inovation. Tema ini diangkat karena isu perubahan lingkungan sedang marak dibicarakan. “Karena temanya ramah lingkungan jadi gak cuma energinya yang ramah lingkungan, tapi bisa dari materialnya atau teknologi yang digunakan gitu,”ujar Muhammad Bayu Noviza, Ketua Panitia PDC 2017, Jumat (19/5) di FT.

Green Inovation untuk PDC ini memfokuskan produk yang dapat digunakan dalam peralatan rumah tangga dan perkantoran. Bayu mengatakan bahwa tema Green Inovation terlalu luas, jadi dikhususkan pembuatan produk di bidang rumah tangga dan perkantoran.

Terdapat empat perlombaan dalam acara ini, seperti english debat, rancangan produk, lomba poster, dan dekorasi kelas yang setiap lombanya diikuti oleh mahasiswa Teknik Industri angkatan 2015. Pada kategori rancangan produk terdapat produk Tong Sampah Komposter, alat pencacah kertas, alat penggiling dan lain sebagainya.

Titania Miranda Sari, Mahasiswa Teknik Industri 2015 mengatakan bahwa tidak menyangka bisa menghasilkan sebuah produk dan dipamerkan dalam acara PDC. Ia pun berharap bahwa acara selanjutnya dapat bekerja sama dengan instansi lain sehingga tak hanya di industri saja. “Bisa bersaing dengan yang lain juga,” ujarnya.

Bayu berharap acara PDC 2017 ini dapat mengembangkan lagi produk-produk yang telah dipamerkan dan dapat diproduksi secara masal. Untuk diketahui, PDC merupakan acara tahunan dari Laboratorium Sistem Produksi pada Mata kuliah Rancangan Teknik Industri 1, yang wajib diikuti oleh Mahasiswa Teknik Industri 2015. PDC 2017 ini merupakan yang ketujuh sejak 2010.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).