BOPM Wacana

Panitia PKKMB Fahuta Ajak Mahasiswa Menanam Pohon Bersama

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Anggun Dwi Nursitha

Seluruh dosen Fakultas Kehutanan (Fahuta) bergantian memperkenkan diri pada Mahasiswa Fahuta 2016, Kamis (25/8). |Nurhanifah
Seluruh dosen Fakultas Kehutanan (Fahuta) bergantian memperkenkan diri pada Mahasiswa Fahuta 2016, Kamis (25/8). |Nurhani

BOPM WACANA– Panitia Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Kehutanan (Fahuta) mengajak sebagian mahasiswa untuk menanam pohon bersama. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan etika kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan disekitar hutan. Terdapat empat belas pohon yang ditanam di dekat parkiran motor Fahuta. “Tak hanya sekadar materi tapi juga ada praktiknya,” ungkap Koordinator Acara Fahuta Rizky Kurniawan Saragih, Jumat (26/8).

Rizky menjelaskan mahasiswa diajarkan cara menanam pohon yang baik, contohnya pada saat menanam pohon tanah yang akan dimasukkan bibit pohon tidak boleh pecah dan diusahkan menjadi satu kesatuan agar dapat tumbuh dengan baik. Dalam praktiknya mahasiswa di dampingi oleh dua panitia yang akan mengarahkan dan meberi tahu jika ada mahasiswa yang salah saat menanam pohon.

Mahasiswa Fahuta 2016 Mia Anggiana Yustika Lubis merasa senang mengikuti kegiatan ini. Ia mengatakan mendapatkan kebersamaan dan ilmu dari kegiatan ini. “Serulah, kegiatan yang dibuat ini sangat menguntungkan dan bisa dapat ilmu-lmu baru,” ucapnya.

Penanaman ini diikuti tujuh puluh mahasiswa yang terbagi dalam tujuh kelompok. Jenis-jenis pohon yang ditanam adalah mahoni, akasia mangium dan bambang lanang. Tak hanya sekadar menanam, pada masa perkuliahan dimulai mahasiswa akan melaporkan  apakah pohon yang mereka tanam bertahan hidup atau tidak. “Jadi ada kelanjutannya,” pungkas Rizky.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).