BOPM Wacana

Pagelaran Budaya Minangkabau 2016 Tampilkan Randai Imam Bonjol

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Elda Elfiyanti

Anggota IMIB sedang menarikan Tari Rantak, Kamis (7/4). | Dewi Annisa Putri
Anggota IMIB sedang menarikan Tari Rantak, Kamis (7/4). | Dewi Annisa Putri

BOPM WACANA | Pagelaran Budaya Minangkabau 2016 yang diadakan Ikatan Mahasiswa Imam Bonjol (IMIB) USU menampilkan randai bertema Imam Bonjol. Ketua Panitia Pagelaran Budaya Minangkabau 2016 Jimmy Ramadhan mengatakan, selain karena ingin berinovasi, tema ini dipilih agar selaras dengan nama IMIB. “Nama kami sendiri Imam Bonjol, tapi kami tak pernah tampakkan Imam Bonjol,” pungkasnya, Kamis (7/4) di Gelanggang Mahasiswa USU.

Randai tersebut menampilkan campuran lagu, tarian, dan drama yang bercerita tentang Imam Bonjol berjuang membela negaranya dari penjajahan Belanda. Ada sepuluh penari, dua orang penyanyi, dan tiga pemain yang berperan dalam pertunjukan. Di akhir cerita, Imam Bonjol meninggal karena menderita saat pengasingan. Pertunjukan tersebut berlangsung selama sekitar satu jam.

Isma Purnama Ratih, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2014 mengapresiasi tema randai yang diangkat. “Kisah randainya bagus, enggak ada yang buruk dari pertunjukan randainya,” ujarnya.

Pagelaran Budaya Minangkabau kali ini bertajuk Sumarak Dirantau Menjunjuang Nagari, yang diadakan di Gelanggang Mahasiswa USU, Kamis, 7 April lalu. Selain randai, juga ditampilkan pertunjukan biola sebagai inovasi baru.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).