BOPM Wacana

MWA: USU Seharusnya Publikasi Laporan Keuangan

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Dewi Annisa Putri

USU, surausu.co — Sekretaris Majelis Wali Amanat (MWA) USU Fahmi Natigor Nasution mengatakan USU harus memublikasikan laporan keuangannya. “Seharusnya pihak eksekutif udah memublikasikan hasil laporan KAP (kantor akuntan publik) itu. Karena kan gak ada yang perlu ditutupi,” ujarnya, Selasa (2/5) di ruang MWA.

Fahmi menjelaskan setelah laporan keuangan selesai diaudit KAP, seharusnya hasil audit langsung dipublikasikan. Ia juga heran hingga kini USU belum memublikasikan laporan keuangannya sebab hasil laporan keuangan itu sudah selesai dibahas di MWA.

Menurutnya MWA tidak menemukan kecurangan apapun sehingga tak ada yang perlu ditakutkan. Pun Fahmi menyatakan laporan keuangan memang merupakan informasi publik dan bisa dilihat oleh masyarakat sebagai bentuk transparansi.

Sebelumnya, Wakil Rektor II Fidel Garnis Siregar menyampaikan laporan keuangan tidak perlu dipublikasikan secara rinci. Namun opini laporan keuangan 2016 yaitu Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP telah dipublikasikan di sejumlah koran lokal.

Surya Dharma, Koordinator Pemerintahan Mahasiswa Sekawasan USU mengatakan USU harus transparan dan memublikasikan laporan keuangan kepada seluruh pemangku kepentingan termasuk mahasiswa. Menurutnya hal ini sesuai dengan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Ia berharap USU bisa memberikan tranparansi keuangan kepada mahasiswa. “Sebagai wujud lembaga pendidikan yang kredibel dan berkualitas,” ujar Surya.

Fahmi mengatakan mengenai publikasi ini MWA belum pernah membahasnya dengan rektor. Oleh karena itu dalam rapat mendatang MWA akan meminta rektor memublikasikan laporan keuangan ini. “Kalau memang tidak ada yang mau ditutup-tutupi ya kan tidak masalah dipublikasikan,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).