BOPM Wacana

Media Berperan Beri Informasi Rumah Sakit Berkualitas

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Santi Herlina

(kiri-kanan): Hendra Arbie, Azwan Hakmi Lubis, War Djamil, Azri SMAK, Muhammad Syahrir, Selasa (20/1). Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) turut berperan dalam pembangunan menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 | Wenty Tambunan
(kiri-kanan): Hendra Arbie, Azwan Hakmi Lubis, War Djamil, Azri SMAK, Muhammad Syahrir, Selasa (20/1). Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) turut berperan dalam pembangunan menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015. | Wenty Tambunan

BOPM WACANA — Media harus mampu menjadi jembatan informasi bagi masyarakat agar dapat memilih Rumah Sakit (RS) yang berkualitas. Pasalnya, masyarakat pasti ingin pelayanan RS yang baik dan berkualitas. Demikian disampaikan Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia Sumatera Utara (Sumut) Azwan Hakmi Lubis dalam Dialog Publik “Peranan Media dalam Pembangunan” oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut di Gedung PWI Sumut, Selasa (20/1).

Azwan bilang media harus bisa bantu masyarakat untuk memilih RS dengan pelayanan yang baik. Misalnya dengan menginformasikan keunggulan setiap rumah sakit. “Biar enggak perlu berobat ke luar negeri lagi,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua PWI Sumut Muhammad Syahrir sepakat. Ia mengatakan pers memang berperan penting dalam segala bentuk pembangunan, termasuk peningkatan kualitas RS. “Namun, tidak hanya pers saja, tapi masyarakat juga harus berperan,” ucap Syahrir.

Meskipun begitu, Syahrir bilang peran pers bukanlah merealisasikan keinginan masyarakat, tetapi menginformasikan kepada masyarakat mengenai RS yang berkualitas. “Pers tidak menilai kejadian, tapi memberi tahu,” ujarnya.

Selain media, Azwan menambahkan RS juga berperan besar dalam pembangunan, yakni harus mampu meningkatkan daya saing antar rumah sakit. “Caranya rumah sakit harus terakreditasi,” pungkasnya. Azwan berharap keefektifan dan keefisiensian pelayanan rumah sakit di Sumut meningkat ke depannya.

 

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).