BOPM Wacana

LPJ Pema USU Dua Kali Batal Digelar

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Rati Handayani

Sekretariat KPU USU di Jl Universitas. Gedung ini dulunya adalah sekretariat Pema USU. | Andika Syahputra
Sekretariat KPU USU di Jl Universitas. Gedung ini dulunya adalah sekretariat Pema USU. | Andika Syahputra

BOPM WACANA — Musyawarah Besar (Mubes) Laporan Pertanggungjawaban atau LPJ Pemerintahan Mahasiswa (Pema) USU telah dua kali batal digelar. Yakni awal Mei dan akhir Mei lalu. Sebab Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas (MPMU) dan Pema USU belum ada komunikasi secara formal.

Presiden Mahasiswa Muhammad Mitra Nasution menyebut pihaknya menunggu surat resmi dari MPMU. Mitra pun berharap mubes cepat digelar. Menurutnya mubes harus digelar sebelum semester ini berakhir sebab akan libur panjang. Saat ini pihaknya telah selesai menyusun draf LPJ.

Ketua MPMU M Ibnu Sina, Minggu (1/6) benarkan hal tersebut. Ia bilang pihaknya tengah sibuk dan dirinya sendiri akan wisuda 4 Juni lusa. Ia juga mengakui pihaknya belum berikan surat undangan resmi. “Undangannya ke mana mau dikasih, orangnya (Pema USU—red) juga enggak tahu ke mana,” kata Ibnu.

Menanggapi hal ini, presiden mahasiswa pertama USU yang juga Staf Ahli Pembantu Rektor III Syafrizal Helmi bilang mubes sebaiknya digelar secepatnya jika MPMU memang sudah siap. Sebab telah ada presiden terpilih dan saat ini harusnya fokus pada Pema USU yang baru.

Namun, menurut Syafrizal, jika MPMU belum siap, lebih baik langsung serah-terima jabatan antara Mitra kepada presiden terpilih di pelantikan Pema USU yang baru. Sehingga, tak ada Mubes LPJ Pema USU.

Menanggapi hal itu, Ibnu bilang dirinya akan usahakan anggota MPMU yang lain lanjutkan gelar Mubes LPJ Pema USU ini. Ia juga tak bermasalah jika Mitra langsung lakukan serah-terima jabatan ke presiden terpilih tanpa mubes.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).