BOPM Wacana

Kotak Suara Pemira Diamankan di Sekretariat KPU USU

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Rati Handayani

Kotak suara yang diamankan diletakkan di salah satu kamar sekretariat KPU USU, Rabu (14/5) malam. | Aulia Adam
Kotak suara yang diamankan diletakkan di salah satu kamar sekretariat KPU USU, Rabu (14/5) malam. | Aulia Adam

BOPM WACANA — Kotak suara dan berita acara Pemilihan Umum Raya (Pemira) USU dari seluruh fakultas di USU diamankan di sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) USU. Pasalnya sekretariat KPU USU dianggap tempat paling aman sambil menunggu rapat pleno. Rapat pleno tersebut akan tentukan presiden dan wakil presiden mahasiswa serta kursi kelompok aspirasi mahasiswa di Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas USU. Demikian kata Sekretaris KPU USU Faisal Umri Nasution, Rabu (14/5).

Faisal mengatakan waktu pelaksanaan rapat pleno KPU USU tersebut belum dipastikan KPU USU. Namun secara pribadi, Faisal ingin rapat pleno diadakan secepatnya. “Biar enggak ada yang menggoyang hasil pemira hari ini,” tambahnya.

Faisal mengatakan dalam jangka waktu sampai rapat pleno, KPU USU membuka layanan pengaduan dari peserta pemira. Pengaduan ini dilakukan untuk mengetahui tindak kecurangan pada Pemira USU.

Untuk penjagaan di sekretariat KPU USU, Faisal bilang semua kotak suara dari KPU fakultas dikumpul dan digembok serta bersegel KPU USU. Sedangkan berita acara dari KPU fakultas dikumpul ke dirinya saat komisioner KPU fakultas antarkan kotak suara. “Yang paling penting itu berita acaranya, kan surat suara di kotak suara udah dihitung dan dirobek,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, telah ada sembilan KPU fakultas yang antarkan kotak suara dan berita acaranya ke sekretariat KPU USU. Sembilan fakultas itu yakni Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan dan Fakultas Psikologi.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).