BOPM Wacana

KAM Bhinneka: KPU Tak Siap Jalankan Pemira

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Yulien Lovenny Ester Gultom

Purnomo, Calon Presiden Mahasiswa dari KAM Bhineka mengungkapkan kekecewaannya  dengan KPU yang dirasa tak siap menjalan pemira USU, Rabu (19/5).|Vanisof Kristin Manalu
Purnomo, Calon Presiden Mahasiswa dari KAM Bhineka mengungkapkan kekecewaannya
 dengan KPU yang dirasa tak siap menjalan pemira USU, Rabu (19/5).|Vanisof Kristin Manalu

BOPM WACANA | Kelompok Aspirasi Mahasiswa (KAM) Bhinneka merasa Komisi Pemilihan Umum (KPU) USU tak siap menjalankan Pemilihan Umum Raya (Pemira) USU pada 19 Mei lalu. Sehari sebelumnya, Purnomo, Calon Presiden dari KAM Bhinneka menanyakan kesiapan KPU di tiap fakultas mengenai proses mulai waktu penghitungan surat suara hingga waktu mulai untuk mencoblos. “Mereka bilang semua siap,” ujar Purnomo, Kamis, (19/5).

Purnomo menjelaskan, saat pemira masih ada KPU fakultas yang kosong dan belum melakukan pengecekan jumlah surat suara. Pun ada dua fakultas yang jurusannya tidak terdaftar menjadi DPT yaitu Jurusan S-1 Fisika dan D-3 Metereologi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Pertanian yaitu Jurusan Argoekoteknologi dan Agribisnis. Oleh karena itu pemira tak serentak dilakukan. “Pesta demokrasi tiap fakultas enggak jelas teknisnya,” ujarnya.

Selain itu, Ketua DPP KAM Bhinneka Fredick Kennedy Silaen juga menyayangkan proses keamanan yang harusnya diakukan KPU. Ricuh di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) juga mengakibatkan KAM Bhinneka menarik saksi dan ada saksi yang mendapat kekerasan fisik yakni dicekik saat berjaga di TPS. Oleh karena itu, KAM Bhinneka memutuskan menarik saksi dari tiap TPS.

Menanggapi hal ini, Sekertaris Jenderal KPU Imam Ardhy juga kecewa dengan pemira kemarin. Ia pun memahami kenapa KAM Bhinneka berkata demikian. Ia mengatakan akan memperbaiki koordinasi dan komunikasi dengan seluruh stakeholder yang ada di USU terkait pemira kemarin. Ke depannya, semuanya akan benar-benar disiapkan sesuai harapan Wakil Rektor I. “Semua itu di luar dari pada kontrol kita,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).