BOPM Wacana

Jumlah Pendonor Kegiatan Donor Darah Pema FKM Melebih Target

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Nurhanifah

Calon pendonor pada kegiatan donor darah sedang mengisi data di meja pendaftaran. Donor darah oleh Pema FKM dihadiri lebih | Nurhanifah
Calon pendonor pada kegiatan donor darah sedang mengisi data di meja pendaftaran, Selasa (22/9). Donor darah oleh Pema FKM dihadiri 158 pendonor. | Nurhanifah

USU, wacana.org/arsip Jumlah pendonor dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) pada Selasa, 22 September di Sekertariat Pema USU melebihi target. Pendonor yang terdaftar sebanyak 158 pendonor, sedangkan target sebelumnya 150 pendonor. Hal tersebut disampaikan Sahat Parulian, Ketua Acara Donor Darah FKM, Selasa (22/9).

Sahat bilang banyaknya pendonor dikarenakan sosialisasi yang maksimal sejak 17 September lalu. Sosialisasi dilakukan melalui media sosial, mengumumkan ke kelas-kelas di FKM, memasang flyer  di papan pengumuman FKM, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keperawatan, Fakultas Farmasi, menghubungi pema dari fakultas lain, serta pembicaraan lisan dari mulut ke mulut. Pun saat ini, mahasiswa memiliki kesadaran yang sangat baik mengenai donor darah.

Isniani Rahman, Staf Unit Tranfusi Darah Rumah Sakit (RS) Haji Adam Malik apresiasi jumlah pendonor dalam kegiatan ini, sebab jumlah 158 pendonor adalah angka yang tinggi dalam kegiatan donor darah untuk kalangan mahasiswa.

Pun, Isniani tambahkan hanya 107 orang yang dapat menyumbangkan darah, 51 orang batal menjadi pendonor disebabkan Hemoglobin dalam darahnya rendah, tensinya rendah, serta tekanan sistol dan diastol yang tinggi. “Tapi, 107 kantong darah ini telah membantu persediaan darah untuk RS Haji Adam Malik dalam satu bulan ke depan,” terangnya

Elysabeth Amina, Mahasiswa FKM 2012 mengatakan usaha sosialisasi yang dilakukan panitia sudah sangat maksimal sehingga wajar jika jumlah pendonor melebihi target. Walaupun jumlah kantong darah tidak mencapai target, menurutnya tak masalah sebab kekurangan ini berasal dari pendonor yang tidak sesuai dengan persyaratan, bukan dari panitia.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).