BOPM Wacana

Jumlah Pemilih pada Pemira FKG Meningkat 40 Persen

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Yulien Lovenny Ester G

Salah seorang mahasiswa co-ass memasukkan kertas suara ke dalam kotak suara pada Pemira FKG, Senin (23/6) di FKG. | Yulien Lovenny Ester G
Salah seorang mahasiswa co-ass memasukkan kertas suara ke dalam kotak suara pada Pemira FKG, Senin (23/6) di FKG. | Yulien Lovenny Ester G

BOPM WACANA | Jumlah pemilih pada Pemilihan Umum Raya (Pemira) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) meningkat sebanyak empat puluh persen. Jumlah pemilih pada Pemira FKG kali ini meningkat dari 600-an pemilih pada Pemira  FKG sebelumnya menjadi 879 pemilih pada pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur. Serta 877 pemilih pada pemilihan kelompok aspirasi mahasiswa. Sedangkan ada 1.257 daftar pemilih tetap. Hal ini disampaikan M Aidil Nasution, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) FKG, Senin (23/6).

Aidil bilang meningkatnya jumlah pemilih di FKG dikarenakan beberapa faktor, salah satunya sosialisasi yang maksimal. “Kita melakukan sosialisasi melalui media sosial, flyer, sosialisasi ke kelas-kelas dan dibantu dari KAM Madani, KAM Rabbani, KAM Dentist,” ujar Aidil.

Selain sosialisasi, menurut Aidil meningkatnya jumlah pemiih disebabkan adanya calon wakil gubernur yang berasal dari Malaysia. “Adanya calon wakil gubernur dari Malaysia juga mungkin meningkatkan jumlah pemilih, banyak juga mahasiswa asing yang memilih,” ujar Aidil.

Selanjutnya, mekanisme untuk pemilih juga sedikit berbeda. Mahasiswa boleh memilih dengan menunjukkan portal melalui telepon genggam selain dengan kartu rencana studi dan kartu tanda mahasiswa. “Dari awal kita sudah menyepakati di Petunjuk Teknis KPU untuk memperbolehkan mahasiswa memilih dengan menunjukkan portal online, salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah pemilih,” ujar Aidil.

Hilda Hamidah Dewi, mahasiswa FKG 2013 menanggapi positif meningkatnya jumlah pemilih FKG. “Bagus, banyak yang sadar pemira itu penting untuk menentukan bagaimana FKG untuk kedepannya,” ujar Hilda.

Aidil bilang untuk pemira kali ini, KPU berhasil capai target 75 persen. “Ini pemilihan pertamalah di FKG yang sampai 75 persen,” ujar Aidil.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).