BOPM Wacana

Inflasi, Upah KAP Pengaudit Laporan Keuangan USU 2013 Naik

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Tantry Ika Adriati

Manager KAP Drs J Tanzil dan Rekan Harsya Aditya menjelaskan kenaikan upah KAP di ruang Badan Audit Internal Birek, Kamis (23/1). | Andika Syahputra
Manager KAP Drs J Tanzil dan Rekan Harsya Aditya menjelaskan kenaikan upah KAP di ruang Badan Audit Internal Birek, Kamis (23/1). | Andika Syahputra

BOPM WACANA  Upah Kantor Akuntan Publik (KAP) pengaudit laporan keuangan USU 2013 naik karena kenaikan harga barang-barang tahun ini. Kenaikan harga barang-barang tersebut berupa ongkos pesawat dan biaya personil.

Harsya Aditya, Manajer KAP Drs. J. Tanzil & Rekan, membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan telah ajukan surat permohonan kenaikan upah sebelum proses audit pada pihak rektorat. “Yang paling nampak itu faktor inflasi, semua aspek seiring berjalannya waktu akan naik,” terangnya, Jumat (21/2).

Suhardi, Pejabat Pembuat Komitmen, Sabtu (22/2) mengatakan USU memberikan upah pada KAP sebesar Rp 313,8 juta. Total ini bertambah dari tahun lalu yang berjumlah Rp 280 juta. Menurut Suhardi kenaikan upah ini sudah sewajarnya terjadi karena kenaikan harga barang di berbagai aspek. “Kita sudah melakukan negoisasi dengan berbagaipihak, dan sudah disetujui,” ucap Suhardi. Pun menurutnya tidak adadampak yang timbul akibat kenaikan upah tersebut.

Adapun KAP Drs. J. Tanzil & Rekan sudah mengambil upah sekitar tigapuluh persen dari jumlah seluruhnya. Sedangkan sisanya akan diberikanketika proses audit selesai.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).