BOPM Wacana

H-2 Pendaftaran Ditutup, Peserta UMB-PT Capai 4.244 Orang

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Izzah Dienillah Saragih

Foto: Aulia Adam
Foto: Aulia Adam

BOPM WACANA | Jumlah pendaftar Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) Mandiri 2013 hingga Rabu (27/7) mencapai 4.244 Orang. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah mengingat masih tersisa dua hari hingga pendaftaran ditutup pada Jumat 19 Juli.

Hal ini disampaikan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) USU Bisru Hafi. “Pendaftar terbanyak ada di program sainstek (sains dan teknologi –red), yaitu 2.050 peserta, kemudian program soshum (sosial dan humaniora –red) 1.763 peserta dan campuran 431 peserta,” ujarnya.

Bisru menambahkan, pendaftaran UMB-PT berbeda dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Bila SBMPTN peserta diharuskan membeli formulir dulu baru registrasi online, sedangkan di UMB-PT peserta melakukan registrasi terlebih dahulu baru membayarnya di bank.

Sehingga, peserta UMB adalah mereka yang sudah menyelesaikan registrasi online dan membayar di bank. Tahun ini USU kembali menggelar UMB-PT untuk program mandiri dengan kuota 1.544 kursi atau 18% dari kuota yang disediakan. Ujian tertulis akan dilaksanakan pada 21 juli 2013 yang rencananya berlokasi di lingkungan USU.

Sebelumnya, USU adalah satu-satunya universitas negeri yang tidak membuka jalur UMB-PT Reguler.

 

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).