BOPM Wacana

Gubernur Tak Serius Dukung Sumut Jadi Tuan Rumah PON

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Lazuardi Pratama

BOPM WACANA  Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dinilai tak serius dukung Sumut jadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) kedua puluh tahun 2020 nanti. Sebab gubernur sebagai kepala daerah belum tunjukkan kinerja signifikan untuk menangkan Sumut jadi tuan rumah pada Rapat Anggota Tahunan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat 10 Maret mendatang.

Hal ini dipaparkan Brilian Moktar, Ketua Komisi E DPRD Sumut pada Forum Redaktur Sumut bertajuk PON 2020 Punya Sumut di Aula Universitas Sari Mutiara Indonesia, Rabu, 26 Februari. Ia bilang ada beberapa bentuk ketidakseriusan, di antaranya soal belum adanya laporan hasil lobi kepala daerah lain untuk galang dukungan Sumut jadi tuan rumah. “Padahal sudah berjanji soal lobi urusan gubernur,” ujar Brilian.

Selain itu, Brilian menambahkan soal anggaran operasional pelaksanaan PON yang belum dikumpulkan maksimal. Menurutnya, pemerintah provinsi tak tangkas kumpulkan dana jika terpilih jadi tuan rumah. “Realisasinya yang penting, bukan keinginan, bukan semangatnya.Action-nya kurang,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Nurdin Lubis mewakili Pemerintah Provinsu Sumut (Pemprovsu) optimis Sumut jadi tuan rumah. Menurutnya gubernur melalui Pemprovsu dan KONI Sumut telah upayakan langkah-langkah strategis seperti rencana bangun sport centerdi atas tanah dua ratus hektare dan penggelontoran dana sebesar Rp 1,4 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi “Pemprovsu sangat siap untuk PON 2020,” tegasnya.

Senada dengan Nurdin, Jhon Lubis, Ketua Harian KONI Sumut mengatakan lobi Pemprovsu untuk menangkan Sumut terbantu dari janji provinsi lain untuk dukung Sumut. Di antaranya Sumatera Selatan, Jawa Barat dan Kalimantan Timur. Sebab Sumut telah mendukung mereka jadi tuan rumah dalam perhelatan ini sebelumnya. “Jadi sebenarnya di atas kertas kita ada tujuh belas provinsi yang mendukung,” kata Jhon.

Forum Redaktur Sumut ini digagas Persatuan Wartawan Indonesia Sumut. Forum ini dihadiri redaktur dan pemimpin redaksi berbagai media cetak maupun elektronik di Sumut.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).