BOPM Wacana

Dua Pasang Cagub dan Cawagub FK Lulus Tahap Verifikasi

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Yulien Lovenny Ester Gultom

Dary Pallysater, Koordinator Verifikasi dan Administrasi sedang menjelaskan proses pemira FK di Pendopo FK, Selasa(6/12). | Yulien Lovenny Ester Gultom
Dary Pallysater, Koordinator Verifikasi dan Administrasi sedang menjelaskan proses Pemira FK di Pendopo FK, Selasa(6/12). | Yulien Lovenny Ester Gultom

BOPM WACANA | Dua pasang calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang maju dalam Pemihan Umum Raya (Pemira) Fakultas Kedokteran (FK) lulus tahapan verifikasi administrasi dan faktual. Di antaranya Andrew Sunarto-Agung Hamonangan Siboro dari Kelompok Aspirasi Mahasiswa (KAM) Pembaharuan serta Rianda Putra-Muhammad Haekal Hakim dari KAM Rabbani. Hal ini disampaikan oleh Dary Pallysater, Koordinator Verifikasi dan Administrasi, Selasa (6/12).

Dary sampaikan proses verifikasi berlangsung 22 hingga 25 November lalu. Tahapan verifikasi dibagi dua yakni verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Adapun masing-masing calon harus menyerahkan berkas pendaftaran cagub dan cawagub, persyaratan KAM, AD/ART KAM, logo, serta surat pencalonan Majelis Pemusyawaratan Mahasiswa Fakultas (MPMF). Kemudian, KPU melakukan pengecekan dan kesesuaian data.

Dari empat KAM yang ada di FK hanya dua KAM yang maju dalam pemira yaitu KAM Pembaharuan dan KAM Rabbani. Sedangkan dua KAM lainnya tidak ikut berpartisipasi. “KAM Ar-Rahmah masih melakukan konsilidasi internal dan KAM Bersama sekarang kurang aktif,” paparnya.

Menanggapi hal ini, Rianda mengaku cukup kecewa sebab hanya dua KAM yang lulus tahapan verifikasi, ia katakan ingin ada persaingan yang kompetitif dalam pemira kali ini. Hal serupa juga disampaikan Agung, ia katakan yang mencalonkan untuk pemira kali ini juga wakil gubernur periode sebelumnya, ia berharap ada orang-orang baru.

Dary menambahkan untuk proses pendaftaran hanya dilakukan oleh KAM sedang dari independen tidak ada. “Belum ada yang berani independen,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).