BOPM Wacana

Dies Natalis, FP Kunjungi Desa Binaan

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Lazuardi Pratama

Spanduk promosi linimasa acara Dies Natalis FP ke-59 di gedung dekanat FP, Selasa (10/11). Dies natalis kali ini diramaikan dengan perlombaan olahraga, mancing mania, Tor-Tor massal, dan lainnya. | Lazuardi Pratama
Spanduk promosi linimasa acara Dies Natalis FP ke-59 di gedung dekanat FP, Selasa (10/11). Dies natalis kali ini diramaikan dengan perlombaan olahraga, mancing mania, Tor-Tor massal, dan lainnya. | Lazuardi Pratama

BOPM WACANA | Fakultas Pertanian (FP) berencana mengunjungi desa binaan mereka Desa Paraduan di Pulau Samosir, Sabtu 14 November mendatang. Kunjungan ini dilakukan sebagai rangkaian kegiatan dies natalis FP yang ke-59.

Luhut Sihombing, Wakil Dekan III FP mengatakan kunjungan itu dirasa perlu sebab desa tersebut masih jauh dari pertumbuhan ekonomi. Hal itu disebabkan akses yang jauh dari Pangururan. ditambah jalan yang rusak. Apalagi, ada potensi yang bisa dikembangkan masyarakat lewat bantuan civitas akademik FP. Salah satunya membentuk kelompok usaha untuk ibu-ibu. “Pengolahan hasil pertaniannya di sana kurang,” ujarnya.

Menurut Luhut, Desa Paraduan memiliki potensi hasil pertanian seperti pisang dan ubi. FP akan membantu memberikan alat-alat produksi seperti oven besar dan keterampilan menggunakannya serta modal.

Oleh karena itu, Luhut menargetkan kelompok ibu tersebut dapat menjajakan hasil pengolahannya ke anak-anak sekolahan. “Untuk anak-anak pun bisa berguna, gizi mereka bagus,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur FP Dewantara Wiratama mengapresiasi kegiatan ini. Apalagi kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa yang juga berangkat ke sana. Menurutnya ini adalah salah satu dari usaha nyata atas tri darma perguruan tinggi ketiga yaitu pengabdian pada masyarakat.

Untuk diketahui, FP menggelar rangkaian acara dies natalis FP dari 21 Oktober kemarin hingga 21 November mendatang. Acara tersebut di antaranya perlombaan olahraga seperti futsal, memancing, temu ramah dengan alumni, dan Tor-Tor massal.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).