BOPM Wacana

Consolation Akan Ikuti International Chamber Choir Competition

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Widiya Hastuti

BOPM WACANA – Consolation, salah satu grup paduan suara USU akan mengikuti International Choir Competition di Marktoberdorf, Jerman pada tiga dan empat Juni.

Tony H Siagian, Dirigen Consolation mengatakan kompetisi ini diikuti 13 tim dari 10 negara salah satunya Indonesia dan Singapura yang merupakan perwakilan dari Asia. “Kita diundang setelah mengirimkan profil grup dan rekaman suara,” ujar Tony, Minggu (21/5).

Tony menjelaskan Consolation akan menampilkan tujuh lagu pada kompetisi ini. Diantaranya, The Emigrant, The Conversion Of Saw, Laudate Omnes, Shaven Migrate, Yamko Yamberamko, dan Sigulempong, penampilan akan berbentuk tampai ringan yang diiringi piano. Dengan genre utama klasikal dan voklor.

Tony mengatakan dalam kompetisi ini Consolation menyiapkan 36 anggota yang dilatih sejak Januari. Berbagai persiapan pun dilakukan diantaranya visa  telah disiapkan sejak Maret lalu. Persiapan kesehatan juga dilakukan seperti larangan meminum es agar tidak mengganggu pita suara. Consolation akan menggunakan ulos, batik, dan gaun.

Tony berharap Consolation dapat menampilkan yang terbaik di kompetisi ini. Pun, tidak ada anggota yang sakit hingga penampilan sesuai dengan yang diharapkan. Nantinya Consolation juga akan mengadakan konser ke lima tempat di Marktoberdorf yang akan berkolaborasi dengan tiga grup lainya.

Sisca Ardini, Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat mengatakan latihan Consolation sangat maksimal hingga memakan waktu libur. Usaha dana seperti kunjungan gereja juga kerap dilakukan. Menurutnya Consolation sangat mungkin mendapatkan juara atau nominasi.”Penampilanya wow” ujarnya. Sisca juga mengatakan ia akan menonton konser Consolation di USU pada 25 Mei.

Rencananya Consolation akan berangkat dari Medan pada 29 Mei.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).