BOPM Wacana

Bunkasai USU Akan Digelar di Gedung Pancasila

Dark Mode | Moda Gelap
Panggung utama acara Bunkasai USU 2022 yang masih dalam tahap pembangunan di Gedung Pancasila, Jumat (17/6). | Chalista Putri Nadila

 

Oleh: Lisbet Rizona Br Sianturi

USU, wacana.org – Festival Budaya Jepang atau Bunkasai USU tahun ini akan digelar pada 18-19 Juni 2022 mendatang, bertempat di Gedung Pancasila USU dengan tema “Cahaya Setelah Kegelapan.” Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Bunkasai USU 2022 Riza Lubis pada Jumat, (17/6).

Riza menjelaskan hari pertama acara dimulai pukul delapan pagi, diawali dengan pembukaan, kabaret serta pertunjukan freestage. Lalu, di hari kedua akan menampilkan perlombaan cosplay, dance cover, song cover, serta puncaknya adalah pertunjukan Guest Star yang ditutup pukul 11 malam dengan pelepasan lampion dan pesta Hanabi. Untuk acara hari kedua akan diberlakukan sistem tiketing, hal ini ditujukan untuk meminimalisir pengunjung serta untuk menerapkan protokol kesehatan. 



Riza mengatakan bahwa Bunkasai kali ini cukup berbeda dengan tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan suasana pandemi yang belum usai. Sehingga, kegiatan parade atau pawai berama-ramai ditiadakan. “Tahun-tahun sebelumnya diadakan di FIB, namun sekarang kami pusatkan di Gedung Pancasila,” ucapnya.

Untuk perlombaan kali ini dilakukan secara online dan offline disesuaikan dengan jenis lombanya. Untuk perlombaan online meliputi rodoku, kanji challenge, shodou, OC design, benron dan lainnya. Sedangkan, untuk perlombaan dance cover, cosplay competition dan song cover dilaksanakan secara offline. Untuk proses pendaftaran dapat dilakukan melalui https://msha.ke/bunkasaicompetition2022 

Menanggapi hal ini, Mahasiswa Sastra Jepang 2019 Lasman Jaidia menyambut baik festival ini. Ia mengatakan dengan Bunkasai ini dapat mendorong mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan dan kreatifitasnya yang diwujudkan melalui perlombaan yang dilakukan. “Acara ini sangat menarik, berbeda dengan acara-acara besar lainnya karena berhubungan dengan kebudayaan Jepang, sehingga acara Bunkasai seperti ini selalu ramai dihadiri oleh pengunjung,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).