BOPM Wacana

USU Harus Beri Perhatian Lebih pada UKM

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Sri Wahyuni Fatmawati P

Himsar Ambarita (dua dari kiri) menjelaskan Renstra 2019 dan RJP 2039 USU pada Diskusi Renstra dan RJP USU di sekretariat SUARA USU, Selasa (7/10). | Yulien Lovenny Ester G

BOPM WACANA — USU harus beri perhatian lebih kepada unit kegiatan mahasiswa (UKM) di USU. Hal ini disampaikan Ketua Umum UKM UKMI Ad-Dakwah Rahmat Faizal saat Diskusi Renstra dan RJP USU yang diadakan SUARA USU, Selasa (7/10).

Menurut Rahmat hal ini perlu dilakukan mengingat perhatian rektorat pada UKM di USU sangat rendah. Misalnya mengenai informasi UKM dan kegiatan yang akan dilaksanakan UKM rektorat. Bahkan sekadar membantu menyebarkan info kegiatan ataupun info UKM.

“Banyak mahasiswa baru yang enggak tahu ada UKM apa saja di USU, ada organisasi apa saja yang bisa diikuti,” jelasnya.

Padahal menurut Rahmat elemen mahasiswa memegang peranan penting memajukan USU. Contohnya kegiatan mahasiswa beri nilai tambah pada aspek keaktifan mahasiswa, salah satu penilaian akreditasi. “Apalagi ini USU lagi target mau akreditasi A,” tambahnya.

Anggota Tim Penyusun Renstra dan RJP USU Prof Irmayani setuju dengan Rahmat. Untuk itulah, menurut Prof Irma, poin keenam dalam dua belas program kerja (progja) utama USU dalam renstra dibuat. Yaitu membentuk atmosfer pendidikan yang nyaman melalui rumah akademik.

Dikatakan Prof Irma UKM bisa jadi rumah akademik menunjang pembentukan atmosfer pendidikan yang nyaman. Untuk itu memang dibutuhkan perhatian lebih dari pihak rektorat.

Tak hanya UKM, Rahmat berharap USU juga beri perhatian lebih pada organisasi mahasiswa baik intra maupun ekstrakampus.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).