BOPM Wacana

Tri Dharma Perguruan Tinggi, Konsep Baru PMB FKM

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Erista Marito Oktavia Siregar

Logo PMB FKM 2014. | Sumber Istimewa
Logo PMB FKM 2014. | Sumber Istimewa

BOPM WACANA — Panitia Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) 2014 mengusung tri dharma perguruan tinggi jadi konsep PMB FKM tahun ini. “Kita mau kenalkan mahasiswa tentang apa itu tri dharma perguruan tinggi yang saya rasa sangat penting untuk diketahui terutama oleh mahasiswa baru (maba),” ungkap Nanda Safira, Ketua PMB FKM USU 2014, Minggu (17/8).

Nanda mengatakan tahun sebelumnya konsep PMB tidak begitu kelihatan, sehingga tahun ini panitia membuat konsep yangjadi landasan semua rangkaian acara pada PMB. Nanda menjelaskan semua kegiatan PMB akan dibalut tri dharma perguruan tinggi. Mulai dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan sampai pengabdian pada masyarakat.

Pendidikan dan pengajaran dikonsep dengan mewajibkan maba membuat esai yang harus dibawa pada pertemuan teknis. Penelitian dan pengembangan dikonsep dengan menyajikan motivator-motivator. Sedangkan pengabdian pada masyarakat akan diwujudkan dengan menyumbangkan bibit pohon serta buku untuk anak-anak.

Pun pada PMB nanti, panitia juga mewajibkan maba menuliskan apa yang diketahuinya tentang tri dharma perguruan tinggi pada sebuah buku yang wajib dimiliki maba.

Pembantu Dekan III FKM Abdul Jalil Amri Arma menanggapi positif hal ini. Menurutnya adalah baik bila pengenalan tri dharma perguruan tinggi dilakukan sejak awal kepada mahasiswa. Sebab mahasiswa lebih paham tuntutan mereka sebagai mahasiswa. “Jadi kalau maba diberi pengetahuan di awal, ya itu baik,” ujarnya.

PMB FKM 2014 nantinya akan dilaksanakan 29-30 Agustus, sementara pada 27 Agustus sebelumnya dilaksanakan pertemuan teknis untuk membahas keperluan selama PMB dan pengumpulan esai.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).