BOPM Wacana

Tema Dies Natalis USU Tekankan Peningkatan Akreditasi

Dark Mode | Moda Gelap
Tampak depan gedung Biro Rektor USU, Jumat (15/9). | Dewi Annisa Putri

 

Oleh: Dewi Annisa Putri

BOPM WACANA | Peringatan Dies Natalis USU ke-65 tahun ini mengangkat tema yang menekankan pada peningkatan akreditasi universitas, yaitu Penguatan Kelembagaan untuk Mendorong Akreditasi dan Pengakuan Internasional. Tema ini dipilih sesuai target USU meningkatkan akreditasi universitas dan memperoleh pengakuan di tingkat internasional. “Semua acara dan kegiatan USU pun sekarang harus terkait akreditasi,” ujar Ketua Panitia Dies Natalis USU 2017 Muryanto Amin, Kamis (14/9).

Muryanto mengatakan, akreditasi merupakan penilaian unggul atau tidaknya suatu universitas sehingga penguatan sistem kelembagaan diperlukan. Di mana akreditasi dapat menjamin lulusan USU agar lebih mudah berkarier usai kuliah.

Ia menambahkan, USU kini memang berusaha melakukan perbaikan dan pembangunan di segala sisi untuk mencapai akreditasi A. Pun acara ini nantinya akan masuk ke borang akreditasi universitas.

Nantinya dalam acara ini akan diadakan beberapa rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan penilaian akreditasi. Seperti penelitian, menampilkan prestasi mahasiswa, hingga kegiatan yang melibatkan seluruh civitas akademik, yaitu dosen, mahasiswa, pegawai, dan alumni. Selain itu, akan ada agenda orasi ilmiah di mana rektor mengumumkan prestasi-prestasi yang dicapai USU sejauh ini.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2015 Andi Firdaus mengatakan, ia setuju dengan tujuan perayaan dies natalis untuk mendorong akreditasi. Sebab akreditasi akan berpengaruh untuk lulusan USU nantinya. Namun ia berharap penilaian akreditasi juga harus terealisasi, seperti perbaikan fasilitas. Sebab saat ini saja ia masih merasa mayoritas ruang kelas kurang nyaman dan banyak fasilitas lain yang tidak terawat.

Andi menambahkan, ia merasa antusiasme mahasiswa kurang terlihat untuk dies natalis ini. “Untuk acara ini aku juga baru tau nih,” ujarnya.

Untuk diketahui, Dies Natalis USU akan diselenggarakan mulai tanggal 25 hingga 29 September mendatang.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).