BOPM Wacana

Tak Ada Pema, PMB FISIP Dilaksanakan Hanya Sehari

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Sri Wahyuni Fatmawati P dan Aulia Adam

Foto: Sofiari Ananda
Foto: Sofiari Ananda

BOPM WACANA  Dari waktu seminggu yang disediakan universitas, PMB di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) hanya dilaksanakan satu hari, yaitu 29 Agustus mendatang. Menurut Edward, Pembantu Dekan (PD) III, Jumat (12/7), tidak adanya panitia inti menjadi alasannya. “Waktu satu hari cukup lah untuk menerapkan esensi PMB itu sendiri, perkenalan,” sahutnya.

Menurutnya, kegiatan PMB selama tiga hari tanpa adanya panitia inti dan pemerintahan mahasiswa (pema) yang mengawasi langsung akan susah dikoordinasi. Untuk itu, PMB FISIP akan diisi dengan panitia PMB dari tiap departemen.

Ditambahkannya, keputusan tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama setelah rapat dengan seluruh kepala departemen, Kamis (11/7)lalu. “Nanti setelah pembukaan oleh Dekan, mereka (mahasiswa baru –red) akan langsung diserahkan kepada departemen masing-masing, jadigimana merekanya lah, membuat perkenalan untuk adik-adiknya,” tambahnya.

Edward mengaku alasan tidak membentuk panitia inti PMB tanpa campur tangan pema, karena ia tidak ingin terjadi salah paham. Menurutnya, yang berhak membentuk panitia inti PMB adalah pema fakultas. Ia tidak bisa menunjuk langsung siapa-siapa saja yang berhak menjadi panitia inti PMB, mengingat ada banyak jenis kelompok kegiatan yang ada di FISIP. “Kalau salah tunjuk nanti jadi salah paham, mending seperti ini saja,” jelasnya.

Mujahid Widian Saragih, mahasiswa Ilmu Politik FISIP 2011 mengaku belum mendengar kabar mengenai kepanitian PMB di FISIP. Ia menilai pelaksanaan PMB yang tak dikepalai panitia inti merupakan sebuah kemunduran. Terlebih lagi jadwal PMB yang dipangkas menjadi sehari dinilai tidak akan cukup untuk mengenalkan mahasiswa baru pada fakultasnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).