BOPM Wacana

Sempat Diundur, KPU FT Tetapkan Jadwal Pemira

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Lazuardi Pratama

Foto: Andika Syahputra
Foto: Andika Syahputra

BOPM WACANA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Teknik (FT) menetapkan jadwal Pemilihan Umum Raya (pemira) setelah sebelumnya diundur. Sebelumnya, jadwal pemira direncanakan berlangsung pada 18 Mei lalu, namun terbentur adanya Engineering Fairyang dilaksanakan Pema FT pada 17-19 Mei sehingga diundur hingga 25 Juni.

Ketua KPU FT Rijal Bintang Sitorus mengatakan rencana pemira pada 18 Mei lalu masih sebatas rencana dari Pema FT sehingga belum ada persiapan. Ia mengatakan KPU sendiri baru dibentuk pema pada 25 Mei lalu. “Itu perencanaan aja, sih,” ujarnya.

Rijal melanjutkan, KPU FT sudah menetapkan rangkaian acara menuju pemira pada 25 Juni nanti. Pendaftaran Kelompok Aspirasi Mahasiswa (KAM) dibuka tanggal 5-6 Juni dan pendaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur dibuka pada 7-8 Juni. Masa kampanye akan dibuka pada12-21 Juni sedangkan tanggal 22 Juni nantinya akan diselenggarakan debat kandidat di Aula FT. Pada 24 Juni akan ada hari tenang, lalu pemira pada 25 Juni. Pemira akan dilaksanakan di dua tempat: di samping Gedung Departemen Arsitektur dan di depan Gedung Dekanat FT.

Rijal juga mengatakan persiapan-persiapan KPU FT menuju pemira sudah matang. KPU telah menetapkan petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) serta telah melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk dan flyer. “Lagi ngajuin proposal untuk dana ke fakultas,” tambah Rijal.

Pemira ini menurut Rijal diharapkan berjalan dengan damai tanpa rusuh. “Kepada seluruh peserta, sama-samalah mempercayai KPU, karena orang-orang di dalamnya itu netral-netral,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).