BOPM Wacana

Semarakkan BKGN 2017, FKG USU Gelar Perawatan Gigi Gratis

Dark Mode | Moda Gelap
Panitia perawatan dan pengobatan gigi gratis dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional  (BKGN) 2017 memberikan penyuluhan tentang sikat gigi dengan benar kepada siswa-siswi sekolah dasar, Jumat, (15/9) di Fakultas Kedokteran Gigi
USU. | Putra P Purba

 

Oleh: Putra P Purba

BOPM WACANA – Fakultas Kedokteran  Gigi (FKG) bekerja sama dengan PT Unilever menggelar perawatan dan pengobatan gigi gratis dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional  (BKGN) 2017. Kegiatan ini digelar selama tiga hari, mulai 14-16 September dan dibuka untuk umum. Hal ini dikatakan Ketua Panitia BKGN 2017 Lidya Irani Nainggolan, Jumat (15/9).

Lidya menjelaskan kegiatan ini bertujuan agar masyarakat Medan dan sekitarnya  lebih meningkatkan kesehatan dan kesadaran terhadap pemeliharaan gigi. ”Kadang-kadang masyarakat menganggap kalau tidak sakit, ya tidak ke dokter gigi,” ujarnya.

Lidya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari pengabdian masyarakat sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi. . Tahun ini merupakan tahun terakhir FKG dan PT Unilever menggelar perawatan gigi gratis yang telah dilakukan semenjak 2010. PT Unilever  menjadi donatur dalam kegiatan ini, sedangkan FKG sebagai penyelenggara kegiatan.

Dalam acara ini diadakan beberapa rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan dan perawatan gigi secara gratis. Seperti pemeriksaan gigi, penyuluhan tentang perawatan gigi dengan baik, pencabutan gigi, penambalan gigi, pembersihan karang gigi, dan pencegahan karies gigi pada anak.

Augina Era Pengestika, Mahasiswa FKG 2011 mengatakan kegiatan ini dapat memicu kesadaran dan kepedulian masyarakat akan kesehatan gigi. Augina berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara rutin. ”Mudah-mudahan masyarakat mampu menjaga kesehatan gigi secara mandiri,” ujarnya.

 

 

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).