BOPM Wacana

Prof Runtung Sitepu Terpilih Jadi Rektor USU

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Deli Listiani

Prof Runtung Sitepu, Bakal Calon Rektor sampaikan Program Kerja yang akan dilaksanakan apabila terpilih menjadi rektor di Auditorium USU, Senin (18/1). | Vanisof Kristin Manalu
Prof Runtung Sitepu, Bakal Calon Rektor sampaikan Program Kerja yang akan dilaksanakan apabila terpilih menjadi rektor di Auditorium USU, Senin (18/1). | Vanisof Kristin Manalu

USU,  wacana.org/arsip — Prof Runtung Sitepu terpilih sebagai Rektor USU Periode 2016-2021 dengan perolehan suara 62,38%. Ia unggul dari Prof Zulkifli Nasution dan Prof Subhilhar dengan perolehan suara masing-masing 27,36% dan 10,26%. Hal ini disampaikan Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor Panusunan Pasaribu saat dihubungi lewat telepon, Kamis (21/1).

Panusunan katakan yang memiliki hak suara pada pemilihan ini adalah Majelis Wali Amanat (MWA). Hak suara dibagi yaitu 65% suara MWA dan 35% suara Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof Mohammad Nasir. Ia tambahkan pemilihan ini dihadiri sembilan belas anggota MWA. Sedangkan dua anggota MWA tak hadir, yaitu rektor sebab saat ini USU tak punya rektor, dan satu anggota MWA dari wakil masyarakat Tina Tanoto tak hadir karena mengahadiri Konfrensi Internasional Davos.

Sistem pemilihan dilakukan dengan pemungutan suara. Setiap orang diberikan satu surat suara dan berhak memilih siapa saja. “Satu orang satu hak suara,” tegas Panusunan.

Menaggapi hal ini, Annisa Putri Zai Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya USU 2014 berharap rektor terpilih dapat membawa perubahan bagi USU. Ia tambahkan, semoga Prof Runtung tidak lupa janji yang diucapkan saat pemaparan program kerjan Senin lalu. “Semoga enggak cuma janji aja,” tutupnya.

Hingga berita ini dinaikkan, Prof Runtung belum dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).