BOPM Wacana

Pema FK Himbau Mahasiswa FK untuk Tidak Ikuti Oprec Pema USU

Dark Mode | Moda Gelap
Surat Himbauan Pema FK sebagai bentuk tanggapan dari aksi reshuffle mendadak Pema USU, Sabtu (30/10). | Aulia Sabrini Saragih

 

Oleh: Elsanti Amirah Adhana

USU, wacana.org – Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Fakultas Kedokteran (FK) mengeluarkan surat No. 501/B/SEKJEN/PEMA-FK/X/2021 yang berisi himbauan agar mahasiswa FK tidak ikut serta mendaftarkan diri dalam rekrutmen terbuka yang diadakan oleh Pema USU. Hal ini dikonfirmasi oleh Gubernur FK Abdul Hakim, Kamis (28/10).

Abdul mengatakan alasan dikeluarkannya surat himbauan itu tertera di dalam surat tersebut. Atas dasar tiga poin itu,” jelasnya

Pertama, Pema USU Reka Cipta tidak memiliki arah yang jelas semenjak awal kepengurusan yang dibuktikan dengan tidak terarahnya kebijakan dengan visi dan misi Pema USU.

Kedua, Pema USU Reka Cipta juga tidak memiliki disiplin serta manajemen waktu yang baik sehingga dapat merusak kepribadian sebagai calon dokter yang dibuktikan dengan tidak adanya acara Pema USU yang dihadiri Pema FK berjalan tepat waktu.

Terakhir ia menjelaskan bahwa Pema USU tidak memiliki rasa tanggung jawab kepada anggotanya, salah satunya yang terbaru ini ialah reshuffle terhadap 63 anggotanya tanpa koordinasi dasar kebijakan yang jelas serta tidak konsisten.

Surat himbauan ini juga merupakan usaha Pema FK untuk melindungi mahasiswa FK dari hal-hal yang tidak diinginkan. Abdul menilai atmosfer Pema USU Reka Cipta tidak cocok untuk kebiasaan mahasiswa kedokteran. Ia tidak mempermasalahkan jika ada mahasiswa yang tidak sepakat dengan surat imbauan ini, “Pilihan hidup masing-masing, namun sejauh ini kami kompak,” jelasnya.

Menanggapi himbauan ini, Mahasiswa Kedokteran 2018 Gading Adjie Yudistira setuju dengan surat himbauan tersebut. Ia ingin Pema USU Reka Cipta terus terang dengan reshuffle pengurusnya dan merevisi kembali kebijakan tersebut.

Ia harap Pema USU Reka Cipta dapat berbenah. “Jadi jauh lebih baik dalam manajemen waktu dan manajemen sumber daya manusia kedepannya,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).