BOPM Wacana

Kuota SBMPTN USU Ditambah

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Guster CP Sihombing

Foto: Aulia Adam
Foto: Aulia Adam

BOPM WACANA | Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) menambah kuota calon mahasiswa baru (maba) USU melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Hal ini dikarenakan banyak calon maba melalui jalur Seleksi Nasional MasukPerguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang tidak melapor.

Hal ini diungkapkan kepala Divisi Hubungan Masyarakat Bisru Hafi, Sabtu (12/7). “Kalau kursi PTN (Perguruan Tinggi Negeri –red) dibiarkan kosong, kasihan mereka (calon maba -red). Kita seolah-olah dengan sengaja menghilangkan angka partisipasi pendidikan,” tambahnya.

Bisru menambahkan, USU melaporkan jumlah calon maba yang sudahmelapor melalui jalur SNMPTN ke Dirjen Dikti, lalu menyampaikan permintaan untuk meningkatkan kuota karena jumlah yang diinginkanmasih jauh dari target. “Semua yang menyetujui adalah Dikti, karena merekalah panitia pusat. Kuota yang dinaikkan rata-rata, tidak diatur detail fakultasnya,” katanya.

Awalnya jumlah calon maba yang diterima melalui jalur SBMPTN hanya 2.406 kursi, kemudian dinaikkan menjadi 3.010 kursi yang diumumkan Sabtu (12/7) lalu. Calon maba melalui jalur ini akan melapor pada 26-27 Juli, dan mendaftar ulang pada 14-16 Agustus nanti.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).