BOPM Wacana

FKep Tidak Kirimkan Delegasi Mawapres untuk DIII

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Sri Wahyuni Fatmawati P

USU,wacana.org/arsip  Fakultas Keperawatan (FKep) tidak mengirimkan delegasi untuk mengikuti seleksi mahasiswa berprestasi (mawapres) tingkat USU 2013 untuk tingkat DIII. Hal ini dibenarkan Dekan FKep Dedi Ardinata, Senin (15/4). Menurutnya hal ini disebabkan persiapan yang belum matang baik dari pihak fakultas maupun mahasiswanya sendiri.

Dedi mengatakan pemberitahuan mengenai adanya seleksi mawapres untuk tingkat DIII menjadi salah satu penyebabnya. Pemberitahuan yang diterima sekitar kurang satu bulan dari hari seleksi sehingga menyulitkan mereka untuk mempersiapkan diri. “Kami mempersiapkan mawapres itu bukan satu-dua bulan, tapi selama setahun,” tambahnya.

Senada dengan Dedi, Pembantu Dekan (PD) III FKep Ikhsanuddin Ahmad mengungkapkan persiapan fakultas untuk mempersiapkan mahasiswa jenjang DIII untuk mengikuti seleksi mawapres kurang. Mengingat selama ini yang mewakili FKep untuk seleksi mawapres adalah mahasiswa S-1. Apalagi mahasiswa DIII FKep yang akan diikutsertakan mengikuti seleksi mawapres adalah mahasiswa semester empat. Menurutnya, mahasiswa yang dikirim untuk mengikuti seleksi mawapres minimal harus semester VI, namun di FKep hanya mahasiswa semester IV yang bisa dikirim.

Ikhsanuddin menambahkan hal ini dikarenakan untuk program studi DIII adalah program studi profesi. Mahasiswa semester V dan VI sudah harus mulai praktik di rumah sakit. ”Tidak ada pilihan, hanya semesterIV yang bisa dikirim,” sahutnya.

Mental mahasiswa juga menjadi penyebab yang lain. Menurut Ikhsanuddin persiapan yang belum matang pada mahasiswa menyebabkan mental mahasiswa tidak kuat. Ia menambahkan mahasiswa yang rencananya akan dikirim untuk mewakili FKep untuk tingkat DIII mengundurkan diri sehari sebelum seleksi tingkat USU. “Jelas sekali dia belum siap secara persiapan materi dan mental. Tapi kita enggak bisa memaksa, itu pilihan dia,” tambah Ikhsanuddin.

Dedi juga menambahkan tahun depan mereka akan mengirim perwakilan FKep untuk tingkat DIII. Untuk itu mereka akan mulai mempersiapkan mahasiswanya dari sekarang hingga satu tahun ke depan.

 

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).