BOPM Wacana

Capresma-Cawapresma Nomor Urut 1 Tidak Hadiri Debat Kandidat

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Ika Putri A Saragih

Suasana Debat kandidat calon presiden dan wakil presiden yang tak dihadiri oleh calon presiden nomor urut 1 yaitu Purnomo dan Roy, Selasa (17/5). | Vanisof Kristin Manalu
Suasana Debat kandidat calon presiden dan wakil presiden yang tak dihadiri oleh calon presiden nomor urut 1 yaitu Purnomo dan Roy, Selasa (17/5). | Vanisof Kristin Manalu

BOPM WACANA | Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) mahasiswa nomor urut satu, Purnomo S G Pasaribu dan Roy H Sitorus tidak hadir pada debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) USU hari ini. Menurut Bendahara KPU Khirzun Nufus, pihaknya telah menghubungi pasangan nomor urut satu sejak kemarin malam lewat telepon. Pun jadwal debat telah dilampirkan saat KPU merilis jadwal pemilihan umum raya. “Jadi ya harusnya mereka sudah tahu,” jelasnya, Selasa (17/5).

Khirzun menuturkan KPU telah memberi tenggat kepada pasangan capres-cawapres nomor urut satu agar datang paling lama pukul 15.00 WIB. “Jika tidak hadir, debat akan kita lanjutkan,” jelasnya. Sebab perwakilan Wakil Rektor (WR) I dalam hal ini Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian (BKK) Hindun Pasaribu telah hadir. Pun dengan panelis juri serta mahasiswa.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2014 Iman Jaya Berkat Harefa yang hadir dalam debat tersebut menyayangkan ketidakhadiran Purnomo dan Roy. Menurutnya pasangan nomor urut satu tidak menunjukkan kesungguhan untuk mencalonkan diri. Karena alasan itu ia tidak keberatan dengan debat yang tetap dilanjutkan. “Kesalahannya ada pada kandidat sendiri,” katanya. Ia berharap agar kejadian seperti ini bisa diantispasi dengan komunikasi yang lebih intens.

Khirzun menambahkan, debat kandidat merupakan salah satu fasilitas yang diberikan KPU kepada kedua calon untuk lebih dikenal oleh masyarakat USU. Untuk penggantian jadwal tak bisa dilakukan KPU. “Besok sudah masuk masa tenang,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari Purnomo dan Roy maupun simpatisan KAM Bhinneka.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).