BOPM Wacana

Brilian Reshuffle Lima Menteri Kabinet Pema USU

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Rati Handayani

Pema USU
Sekretariat Pemerintahan Mahasiswa (Pema) USU, Kamis (26/2). Presiden Mahasiswa Brilian Amial Rasyid reshuffle lima menteri 8 Maret lalu. | Ananda Fakhreza Lubis

BOPM WACANA — Sebanyak lima menteri Pemerintahan Mahasiswa USU di-reshuffle oleh Presiden Mahasiswa Periode 2014-2015 Brilian Amial Rasyid sejak 8 Maret. Kelima menteri itu ialah menteri dalam negeri (mendagri), menteri komunikasi dan informasi (menkominfo), menteri luar negeri (menlu), menteri pendidikan, penelitian, dan pengembangan (mendiklitbang) serta menteri pengembangan sumber daya manusia (menteri PSDM). Hal ini disampaikan Mendagri Pema USU yang baru, Achmad Fadhlan Yazid, Senin (23/3). Sebab saat ditanya, Brilian yang punya hak prerogatif reshuffle ini enggan berkomentar.

Fadhlan menyebut ada beberapa alasan reshuffle ini. Mendagri Pema USU sebelumnya, Ichsan Syah Lubis di-reshuffle karena mengundurkan diri dengan alasan fokus menyelesaikan tugas akhir. Saat ini, Fadhlan yang menduduki jabatan mendagri. Menlu Pema USU sebelumnya, Abdul Rahman di-reshuffle karena selama ini tak aktif jalankan tugasnya di Pema USU. Rahman pun digantikan dengan Rayna Ditriano Bin Wahyudi.

Lalu mendiklitbang sebelumnya, Riki Efendi telah wisuda. Riki digantikan Roland Bijaksono. Terakhir, menteri PSDM sebelumnya, Yudi Irfansyah telah sidang skripsi sehingga tak berstatus mahasiswa lagi. Namun, jabatan menteri PSDM belum diduduki menteri baru. Saat ini yang ada hanya pelaksana tugas menteri PSDM, yakni Aldi Syahputra, Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan Pema USU.

Abdul Rahman, Menteri Luar Negeri Pema USU yang di-reshuffle, mengaku belum tahu bahwa ia di-reshuffle dari presiden mahasiswa. “Saya baru tahu dari sekmen (sekretaris menteri—red) kalau saya di-reshuffle,” katanya. Abdul pun mengatakan bahwa sebelumnya ia sempat berniat mengundurkan diri dari jabatannya. Dengan di-reshuffle-nya lima menteri pema ia berharap pema dapat merealisasikan program kerja yang belum terlaksana. Pun, untuk menlu yang baru ia berharap agar dapat mencitrakan Pema USU ke luar agar dikenal. “Semoga juga tidak ada masalah internal lagi,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).