BOPM Wacana

11 Tim PKM USU Siap Bersaing di PIMNAS ke-37 Unair

Dark Mode | Moda Gelap
Foto Bersama Acara Kick Off Persiapan Pimnas ke 37 di ruang sidang Senat Akademik Universitas Sumatera Utara, Kamis (05/09/2024). | Sumber Istimewa

Oleh: Jennifer Smith L. Tobing

USU, wacana.org— Sebelas tim dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Sumatera Utara (USU) telah terpilih untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang akan berlangsung pada 16 hingga 22 Oktober 2024 di Universitas Airlangga. Hal ini disampaikan oleh Erni Misran selaku Ketua Task Force PKM Center USU, Selasa (10/09/2024).

Erni menyampaikan bahwa jumlah tim yang lolos ke PIMNAS mengalami peningkatan, dari yang sebelumnya delapan tim menjadi sebelas tim. “Dalam skala nasional, kita sempat mengalami pasang surut. Pada tahun 2022 kita berada di peringkat 7, turun pada 2023, dan naik kembali ke peringkat 9 di tahun 2024,” imbuhnya.

Dari sepuluh bidang kompetisi, 3 tim dari PKM Riset Eksakta yang berhasil lolos adalah tim Andalisa Paste, tim Odonto, dan tim Kitograph. Untuk PKM Video Gagasan Konstruktif, tim yang berhasil adalah tim Ulos Heritage dan tim Resikoma. Sementara itu, untuk PKM Karsa Cipta tim yang berhasil lolos adalah tim Eicue. Kemudian, PKM Pengabdian Masyarakat, tim yang lolos adalah tim Dedel, tim Hy-Patriot, dan tim Skidotrack. Terakhir, di PKM Riset Sosial Humaniora, yang berhasil lolos adalah tim Ecotopia dan tim Healson Programme.

Lebih lanjut, Erni memaparkan bahwa bobot penilaian terdiri dari 20% proposal, 30% laporan kemajuan, dan 50% presentasi. “Harapannya, setiap tim bisa meraih satu medali, dan yang paling diinginkan adalah emas,” tambahnya.

Fahia Meutia, salah satu anggota PKM Dedel bidang PKM Pengabdian Masyarakat, turut membagikan pengalamannya selama mengikuti kegiatan tersebut, di mana peran dosen pendamping sangat membantu dengan memberikan masukan dan arahan sepanjang proses kegiatan berlangsung. “Kendala yang dirasakan yaitu menghadapi kesibukan masing-masing individu. Namun, yang pasti target yang ingin kami capai mengantongi salah satu medali, harapnya membawa pulang medali emas untuk USU,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).

Pentingnya Mempersiapkan CV Bagi Mahasiswa | Podcast Wacana #Eps4