BOPM Wacana

JK Imbau Mahasiswa Tanamkan Jiwa Wirausaha

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Ipak Ayu H Nurcaya

Seminar Nasional dan FKMPI KE XIV menghadirkan Jusuf Kalla sebagai pembicara, Senin (25/3). |Wenty Tambunan
Seminar Nasional dan FKMPI KE XIV menghadirkan Jusuf Kalla sebagai pembicara, Senin (25/3). |Wenty Tambunan

BOPM WACANA — Jusuf Kalla (JK) dalam seminar nasional Peran Pemimpin dan Peran Ekonomi Kerakyatan dalam Membangun Bangsa,mengimbau kepada setiap mahasiswa untuk menanamkan jiwa kewirausahaan dari sekarang. “Para mahasiswa ini lah yang akan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan,” kata mantan wakil presiden periode 2004-2009, di Aula Politeknik Medan, Senin (25/3).

Jusuf Kalla menambahkan jiwa kewirausahaan ini penting untuk modal sistem perekonomian kerakyatan yang sedang bangsa ini jalankan. Modal ini terdiri dari pengertian dan kemauan jiwa muda yang berpendidikan. Karena inti ekonomi kerakyatan adalah menciptakan nilai tambah suatu barang yang bisa dibuat dan dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.

Selanjutnya dibutuhkan sosok pemimpin dengan tanggung jawab yang baik dan berani mengambil resiko. Pemimpin harus memiliki pegangan yang kuat untuk setiap kebijakan yang dibuat agar masyarakat percaya dan tidak goyah dalam melakukan suatu usaha. “Sosok pemimpin dan kewirausahaan tidak bisa dipisahkan,” kata Jusuf Kalla.

Salah satu peserta Wiwin Riza Kurnia, mahasiswa Politeknik Negeri Jember 2010 mengaku mendapat banyak pengetahuan baru tentangenterpreneuer. “Bagus banget motivasi dari Pak JK ini, memang sistem ekonomi kerakyatan enggak bisa dipisahkan dari kewirausahaan,” pungkasnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).