BOPM Wacana

Aliansi Solidaritas SUARA USU Adakan Seruan Aksi

Dark Mode | Moda Gelap
Dinamisator Lapangan Weldhy Siahaan sedang melakukan orasi di depan gedung Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, Rabu (14/8) | Nadiah Azri br Simbolon.

 

Oleh : Yael Stefani Sinaga

BOPM WACANA – Aliansi solidaritas SUARA USU mengadakan seruan aksi di depan gedung Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan. Hal ini disampaikan oleh Pimpinan Aksi Panca Butar-Butar, Rabu (14/8).

Panca mengatakan aksi ini dilandasi untuk mengawal sidang perdana gugatan kasus SUARA USU  dan juga sebagai bentuk kampanye publik kepada masyarakat. Tak hanya itu aksi ini juga memberikan tekanan kepada hakim yang memimpin jalannya persidangan.

Panca menjelaskan aksi ini juga sebagai bentuk wacana alternatif atas wacana yang diberikan pihak rektorat kepada SUARA USU. Dimana pihak rektorat menganggap bahwa SUARA USU merupakan wadah penyebar paham LGBT. “Itulah kenapa grand issuenya yakni Rektor pelanggar HAM, pembunuh kreatifitas, anti dialog dan intoleran,” jelas Panca.

Ia juga menambahkan rektor telah melanggar hak asasi manusia salah satunya memiliki kebebasan berkarya dan berekspresi. Kemudian sikap rektor yang Homophobic menunjukkan bahwa rektor tidak mampu untuk menerima perbedaan.

“Kampus seharusnya mempertahankan suasana akademis dengan kajian ilmiah bukan dengan tindakan yang sewenang-wenang,” jelasnya.

Melalui aksi ini Panca berharap hakim pengadilan dapat memberikan keputusan yang adil sehingga Surat Keputusan (SK) kepengurusan SUARA USU dapat segera dicabut. Juga memberikan kebebasan berserikat, berkumpul dan berpendapat di dalam kampus.

Menanggapi hal salah satu peserta aksi Ota Siahaan mengatakan aksi yang dilakukan merupakan bentuk menggunakan hak menyuarakan pendapat di dalam demokrasi. Dimana sebelumnya tidak di dapat di kampus USU. Menurutnya hal ini bercermin ketika adanya intimidasi yang diberikan pihak rektorat kepada SUARA USU saat dimintai keterangan. “Makanya maju ke PTUN adalah langkah menagih keadilan,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).

Pentingnya Mempersiapkan CV Bagi Mahasiswa | Podcast Wacana #Eps4