BOPM Wacana

TOP USU Pamerkan Sepeda Motor Hemat Energi

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Lazuardi Pratama

FMIPABOPM WACANA —Team Auto Physics (TOP) USU pamerkan sepeda motor berbahan bakar air dan bioetanol dalam Seminar dan Pameran Produk Penelitian Fisika di Gedung Serbaguna Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Senin (18/3). Sepeda motor tersebut dinilai lebih hemat energi dibanding sepeda motor biasa dengan bahan bakar bensin.

Tulus Ikhsan Nasution, penemu dan pembimbing TOP USU mengatakan sepeda motor yang dipamerkan ini dapat menempuh 78 kilometer per liter, sedangkan sepeda motor berbahan bakar bensin umumnya hanya 37 kilometer per liter. Sepeda motor berbahan bakar air dan bioetanol ini juga ramah lingkungan. “Emisi pembuangannya itu tidak ada lagi CO (karbondioksida –red) yang merupakan gas rumah kaca sehingga global warming tidak ada lagi,” jelas Tulus.

Banyak kendala yang terjadi sejak awal penelitian diakui oleh Tulus seperti dana yang kurang dan sulitnya penelitian karena termasuk riset yang baru serta mahalnya uji emisi, padahal menurutnya, uji emisi ini menjadi yang paling penting.

Tulus juga mengatakan dari pihak fakultas, universitas dan pemerintah daerah telah memberikan perhatian kepada penelitian ini, namun masih butuh perhatian lebih untuk penelitian ini ke depannya. “Saya harap ini nanti dilihat oleh gubernur (Gubernur Sumatera Utara –red) yang baru lah, setelah dilihat nanti ada pengembangan lebih lanjut,” tambah Tulus.

Andos Sembiring, Mahasiswa Matematika 2009 mengutarakan sepeda motor berbahan bakar air dan bioetanol ini merupakan suatu gebrakan yang baru buat industri mesin. Ia berharap sepeda motor ini bisa mendapat perhatian yang lebih optimal karena bisa berkembang dan berpotensi dikenal dunia. “Boleh dijual, ada niat membelinya karena hemat dan ramah lingkungan,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).