BOPM Wacana

Tolak UKT, FROMSU Gelar Aksi

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Mezbah Simanjuntak

Tolak UKT, FROMSU Gelar AksiBOPM WACANA | Mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Sumatera Utara (FROM-SU) menggelar aksi tolak Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diawali dari simpang sumber USU, kemudian Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan berakhir di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Kamis (11/4). Pemimpin aksi Dona Joseph Pardede mengatakan aksi ini digelar guna memberitahu kesadaran kepada mahasiswa yang belum mengetahui penerapan UKT dan meminta tanggapan mahasiswa untuk hal itu.

Aksi ini bertujuan untuk mencari massa yang dapat mendukung aksi yang lebih besar pada tanggal 2 Mei mendatang. “Jadi semua isu ataupun opini publik mengenai pendidikan akan kita (Fromsu -red) gabung di aksi mendatang yang lebih besar dan lebih banyak orangnya,” jelas Joseph.

Dalam aksi tersebut, mereka membagikan selembaran yang berisi pendidikan yang semakin mahal akibat dari diresmikannya Undang-undang Perguruan Tinggi (UUPT), dan akan menyulitkan masyarakat miskin. Pendidikan dianggap menjadi komersialisasi, hanya orang kaya yang bisa mengecap kuliah.

Daniel Hugo mahasiswa FISIP 2011 mengaku ikut dalam aksi ini karena tidak setuju dengan UKT yang akan diberlakukan ke depannya. Ia merasa ini merupakan tanggung jawab semua mahasiswa untuk melakukan penolakan, karena tidak ada jaminan uang kuliah mahal akan sebanding dengan fasilitas yang akan menunjang.

Aksi ini diikuti sekitar 35 orang yang berasal dari kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Teknik Medan (ITM), UMSU, UNIMED, Pancabudi dan Unika.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).