BOPM Wacana

Tolak RUU Kamnas, FROM-SU Surati DPR RI

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Ridho Nopriansyah

Front Mahasiswa Sumatera Utara melakukan orasitolak RUU Kamnas di depan gedung DPRD Sumut, Kamis (21/2). | Andika Syahputra
Front Mahasiswa Sumatera Utara melakukan orasitolak RUU Kamnas di depan gedung DPRD Sumut, Kamis (21/2). | Andika Syahputra

BOPM WACANA — Front Mahasiswa Sumatera Utara (FROM-SU) mengirim faksimili kepada Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)Republik Indonesia (RI) terkait penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Keamanan Nasional (Kamnas). Hal ini disampaikan FROM-SU dalam aksi unjuk rasa yang berlangsung di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut)Kamis, (21/2).

Selain itu, FROM-SU juga menuntut Ketua DPRD Sumut untuk menolak RUU Kamnas dan menandatangani surat tuntutan yang juga ditujukan untuk Menteri Hukum dan HAM (Menhankan), serta Istana Negara di Jakarta.

Menanggapi tuntutan tersebut Wakil Ketua DPRD Sumut Sigit Purnomo menyatakan akan menandatangani surat itu. Pasalnya Ketua DPRD Sumatera Utara Saleh Bangun sedang tidak ada di tempat. Untuk itu, Sigit menerima enam orang perwakilan dari FROM-SU untuk menyaksikan dan memastikan secara langsung proses pengiriman faksimili.

Pemimpin Aksi unjuk rasa, Kibing menjelaskan dalam pertemuantersebut tidak ada pembahasan berarti tentang penolakan terhadap RUU Kamnas. “Pak DPR (Sigit Purnomo -red) cuma bantu faks,” tutur Kibing.

Selain menolak RUU Kamnas, FROM-SU juga menuntut negara untuk menghentikan represifitas TNI/Polri terahadap gerakan rakyat, menghentikan upaya pengesahan RUU Organisasi Massa (Ormas), mencabut Undang-Undang Sisdiknas dan Undang-Undang Perguruan Tinggi (UUPT), serta menegakkan HAM di Indonesia.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).