BOPM Wacana

Terkait UKT, USU Tunggu Permen

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Fredick Broven Ekayanta Ginting

Foto: Andika Syahputra
Foto: Andika Syahputra

BOPM WACANA – Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Bisru Hafi mengatakan saat ini USU tengah menunggu instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terkait peraturan menteri (Permen) yang akan menjadi landasan dalam pelaksanaan kebijakan uang kuliah tunggal (UKT). “Saat ini, kita masih menunggu permen dari pusat (Kemdikbud – red),” terang Bisru, Selasa (2/4).

Permen yang dimaksud adalah permen yang dijelaskan di dalam Ayatlima Pasal 88 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012. Pemerintah menetapkan Standar Satuan Biaya Operasional Perguruan Tinggi (SSBOPT) yang menjadi dasar penetapan anggaran untuk perguruan tinggi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Selanjutnya dari SSBOPT ditetapkan Satuan Standar Biaya Operasional (SSBO) yang akan menentukan biaya yang ditanggung mahasiswa dalam kebijakan UKT.

Penetapan nominal SSBOPT diatur dalam peraturan pemerintah yang dalam hal ini adalah permen. Pembantu Rektor II Prof Armansyah mengungkapkan Mendikbud akan segera mengeluarkan permen ini dalam waktu dekat. “Permen-nya ga ada. Pak Menteri ngomong kita (Kemdikbud –red) keluarkan permen itu. Kita tunggu,” beber Armansyah.

Armansyah mengungkapkan penetapan UKT ini nantinya akan disesuaikan dengan kemampuan masyarakat. “Harus disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa, orang tua, atau pihak penanggung,” jelas Armansyah. Hal tersebut mengindikasikan perbedaan nilai kemampuan dalam masyarakat akan diperhatikan. “UKT menerapkan asas keadilan,” tambahnya.

Armansyah belum tahu pasti kapan permen tersebut akan dikeluarkan dan kapan kebijakan UKT akan diterapkan. “Kapan, belum tahu, mudah-mudahan tidak dilaksanakan,” pungkasnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).