BOPM Wacana

Terkait Rusuh Pemilu FISIP, PD III Tunggu Laporan KPU

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Fredick Broven Ekayanta Ginting

Seorang mahasiswa memasukkan surat suara kelompok aspirasi mahasiswa pada pemilu FISIP di pelataran parkir FISIP, Selasa (5/3). | Sofiari Ananda
Seorang mahasiswa memasukkan surat suara kelompok aspirasi mahasiswa pada pemilu FISIP di pelataran parkir FISIP, Selasa (5/3). | Sofiari Ananda

BOPM WACANA – Pembantu Dekan (PD) III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Edward saat ini tengah menunggu laporan Komisi Pemilihan Umum (KPU) FISIP terkait kisruh yang terjadi saat perhitungan surat suara gubernur, Rabu (6/3) dini hari lalu. Pasalnya, dalam penghitungan surat suara tersebut sekelompok mahasiswa membuang surat suara pemilihan gubernur. Ia mengatakan pihaknya akan menunggu laporan tersebut paling lama Sabtu (23/3). “Saya telah instruksikan KPU buat laporan secara formal. Secara lisan, saya sudah dengar,” kata Edward, Kamis (21/3).

Edward melanjutkan bahwa pemilu ini adalah ajang mahasiswa dan tidak ada campur tangan fakultas dalam pelaksanaannya. “Kami (fakultas –red) fasilitator,” ujarnya. Namun, ia mengatakan akan mengambil sikap setelah menerima secara formal laporan dari KPU tersebut. Ia juga menegaskan jika KPU harus segera mengumpulkan fakta-fakta yang terjadi saat kejadian penghitungan surat suara gubernur itu.

Ketua KPU FISIP M Ricky A Putra mengatakan KPU sedang mengumpulkan fakta dan menyelesaikan laporan tersebut untuk diserahkan kepada pihak fakultas. “Laporan lagi dikerjai, secepatnya dikasih sama pihak dekanat,” kata Ricky. Ricky mengaku akan mengusahakan laporan tersebut selesai antara hari Sabtu, 23 Maret sampai Senin, 25 Maret.

Edward menyebut jika laporan sampai ke tangannya, ia akan segera mengumpulkan KPU dan saksi dari setiap peserta pemilu untuk meminta penjelasan dan mencari solusi terbaik. Lebih lanjut Edward menyayangkan terjadinya kejadian tersebut dalam Pemilu FISIP. “Kalau vakum, tugas-tugas gubernur diambil fakultas. Kejadian seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya,” ujarnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).