BOPM Wacana

Penambahan dan Peremajaan Lab, FMIPA Butuh Rp 25 M

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Ridho Nopriansyah

FMIPABOPM WACANA | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) mengajukan permintaan dana senilai Rp 25 miliar ke pihak rektorat untuk penambahan dan peremajaan peralatan laboratorium. Hal ini disampaikan oleh Pembantu Dekan (PD) III FMIPA, Kerista Sebayang, dalam sambutannya pada pelantikan Gubernur FMIPA, Jumat (1/3) lalu.

Kerista Sebayang mengatakan penambahan dan peremajaan peralatan laboratorium tersebut telah diajukan sejak pertengahan 2012 silam. Penambahan dan peremajaan tersebut khusus untuk laboratorium di empat departemen, yaitu biologi, fisika, kimia, dan matematika. Penambahan peralatan laboratorium ini sangat diperlukan mengingat fasilitas laboratorium di FMIPA belum memadai untuk mendukung proses praktikum mahasiswa.

Masih menurut Kerista Sebayang, terakhir kali penambahan alat-alat laboratorium dengan skala besar dilakukan pada tahun 1973. Terhitung sejak tahun tersebut, tidak pernah ada penambahan dan peremajaan menyeluruh terhadap peralatan laboratorium di empat departemen tersebut. “Alat Lab (Laboratorium—red) FMIPA sangat kurang, sudah selayaknya diperbaharui,” tambah Kerista Sebayang Kamis, (14/3).

Kerista Sebayang juga menambahkan, saat ini pihak rektorat telah menyetujui untuk mendanai penambahan dan peremajaan peralatan laboratorium tersebut. Bahkan pada Kamis (14/3) pemenang tender telah melakukan konfirmasi di rektorat terkait hal tersebut.

PD II FMIPA Nursal, mengaminkan tentang pengajuan peralatan laboratorium itu. Namun, pihaknya belum dapat merincikan peruntukan dana senilai Rp 25 milyar itu. Selain itu, pihaknya juga belum dapat memastikan kapan peralatan dan peremajaan laboratorium tersebut terealisasi. “Yang pasti, kelak kita terima dalam bentuk barang, bukan duit,” tutup Nursal.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).