BOPM Wacana

PD II Fasilkom-TI: Unit Cost Tidak Sama Dengan UKT

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Rati Handayani

Foto: Andika Syahputra
Foto: Andika Syahputra

BOPM WACANA – Akuntansi biaya (Unit Cost) tidak sama dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) baik dari pengertian dan nilainya nanti. Pernyataan itu disampaikan Sawaluddin, Pembantu Dekan (PD) II Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi USU, Kamis (28/3).

Sawaluddin menjelaskan dari pengertiannya, unit cost adalah semua biaya yang dikeluarkan oleh seorang mahasiswa sejak ia masuk hingga wisuda sesuai jurusannya kemudian dibagi dengan jumlah masa studinya. Biaya yang dihitung yakni biaya langsung dan biaya tak langsung. Sawaluddin menambahkan biaya langsung itu misalnya honor dosen, sedangkan biaya tak langsung itu misalnya biaya gedung dan peralatan laboratorium.

Selanjutnya menurut Sawaluddin, UKT dari pengertiannya adalah uang kuliah yang dibayarkan oleh mahasiswa per semester, tanpa kutipan apa-apa lagi selain UKT itu.

“Nilai UKT tidak akan sama dengan unit cost,” ujar Sawaluddin. Hal itu karena unit cost hanya digunakan untuk melihat berapa kemampuan USU mengatasi biaya yang dikeluarkan. Selain itu, unit cost semata-mata dihitung bukanlah hanya untuk persiapan menghadapi penerapan UKT namun sejak Fasilkom-TI didirikan pun UKT telah dihitung.

Berbeda dengan PD II Fasilkom-TI, PD II Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)tidak mau memberikan tanggapan apa-apa mengenai UKT ini saat ditemuiusai kegiatan sosialisasi UKT oleh Pembantu Rektor (PR) II di ruang IMT-GT Sabtu (23/3) lalu. “Saya enggak mau mancing, takut nantinya ada opini macam-macam,” jawabnya. Selain itu, ia pun tak mau menyebutkan nilai unit cost yang telah dikalkulasikannya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).