BOPM Wacana

Olah Raga, Mental dan Spiritual dengan Kendo

Dark Mode | Moda Gelap

BOPM WACANA — Dengan berlatih Kendo atau seni bela diri pedang tradisional Jepang, kita tidak hanya sekedar berolahraga, namun juga olah mental dan olah spiritual. Kendo melatih kita untuk disiplin, beretika, dan memiliki mental yang kuat. Serangan dalam Kendo bukanlah memukul, tapi memotong. Target serangan dalam Kendo yaitu kepala, tangan, perut, dan tenggorokan. Hal ini dikatakan Yustian Senior Assistant for Consular Service Persada Medan Kendo Club (PMKC) dalam kegiatan latihan terbuka di Dojo Kendo yang di Lembaga Pengembangan Pada Masyarakat USU, Selasa (17/01).

Staf Konsulat Jenderal Jepang di Medan Yuji Hamada mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan Kendo yang sebenarnya kepada masyarakat umum. “Kebetulan Mr Nakane Keiichi, ahli Kendo yang datang langsung dari Bangkok mau mengajarkannya pada kita,” kata Keiji.

Novita Sari, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik USU yang merupakan salah satu peserta mengaku senang dapat bertemu dan berlatih langsung dengan Mr Nakane Keiichi. “Jarang kami buat kegiatan seperti ini. Biasanya kami hanya diundang untuk tampil seperti waktu bunkasai kemarin,” tambah Novi.

Salah satu peserta dari SMA N 3 Medan, Dazly Williandi Edwin mengaku mendapat banyak manfaat dari kegiatan ini. “Walaupun belum terlalu berminat ikut Kendo, tapi pengetahuanku tentang Kendo jadi nambah,” katanya. (Ipak Ayu H Nurcaya)

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).